Notification

×

Arsip Blog

BUMDes, Solusi Kemandirian Desa

Jumat, 01 September 2023 | 14.55 WIB Last Updated 2023-09-01T12:59:22Z


Oleh: Gilang Maulana
(Kepala Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Cisarua)

 

Desa These Days

Jika kita berbicara tentang pemerintah desa, sekarang  “berkali-kali” lebih maju jika dibanding sebelum munculnya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014.

Dengan adanya sokongan anggaran yang besar dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, pemerintah desa diharapkan dapat merancang berbagai program dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan pembangunan infrastruktur desa.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa No. 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun, desa dibagi menjadi empat kategori, yaitu desa tertinggal, desa berkembang, desa maju, dan desa mandiri, atau desa swasembada, yaitu desa maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.


Kepala Desa sebagai arsitek perekonomian desa

Kepala Desa merupakan sosok penting dalam menjalankan roda Pemerintah Desa.

Seiring berkembangnya zaman peran Kepala Desa mengalami banyak perubahan. Kepala Desa sekarang ini dituntut mempunyai kemampuan manajerial yang bagus, dapat berfikir out of the box dalam menjadikan desanya mandiri.

Kemandirian desa adalah suatu keniscayaan, pemerintah desa jangan terlalu tergantung kepada dana-dana transfer dari pusat dan pemerintah daerah. kepala desa diharapkan dapat merancang blue print perekonomian desa dalam mendapatkan pendapatan desa yang optimal dengan memaksimalkan potensi yang ada di wilayahnya.

Salah satu medium Kepala Desa untuk mewujudkan mimpi tersebut adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pembentukan BUMDes merupakan cara untuk memanfaatkan undang-undang yang memberikan kewenangan kepada pemerintah desa untuk melakukan inovasi dalam pembangunan desa, terutama meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

BUMDes merupakan korporasi yang keseluruhan modalnya dimiliki oleh pemerintah desa, melihat realitas yang ada dan ada sebagian bumdes hanya menjadi “kosmetik” plang kantor desa, tidak berjalan sebagaimana mestinya menimbulkan banyak keraguan dari masyarakat.

Apakah BUMDes bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap Desa? Faktor yang membuat masyarakat menjadi pesimis adalah kemampuan dari Kepala Desa dan para perangkatnya dalam menjadikan BUMDes alat untuk menggerakan potensi desa serta dapat membantu dalam upaya pengetasan kemiskinan.

Menjadikan BUMDes berhasil memang diperlukan keterlibatan berbagai pihak, terutama intervensi dalam penyusunan rencana bisnis BUMDes itu sendiri.

Sebagai lembaga ekonomi desa, BUMDes harus bersifat inklusif, tidak sebaliknya menjadi eksklusif. Bukan cerita baru lagi banyak missprosedur dalam pembentukan BUMDes, seperti contoh dalam pemilihan pengurus BUMDes itu sendiri, banyak pengurus BUMDes yang tidak paham bagaimana membuat proposal bisnis sampai bagaimana cara menghitung memproyeksikan keuntungan atau kerugian yang akan dialami oleh BUMDes.

Pengurus BUMDes bukan hanya melaksanakan tugas seperti biasa sesuai arahan Kepala Desa tetapi bisa membantu dengan ide-ide kreatif, desa kaya akan sumber daya manusia yang unggul pemerintah desa diharapkan dapat melihat potensi-potensi SDM yang potensial untuk dijadikan pengurus BUMDes.

BUMDes bukan hanya suatu prasyarat, tapi BUMDes memang benar-benar dibutuhkan dalam pardigma desa sekarang ini, Desa harus pintar menghasilkan bukan hanya pintar menghabiskan anggaran.

 

BUMDes startup desa?

Startup merupakan sebuah perusahaan rintisan, yang baru berdiri atau belum berjalan cukup lama.

Berdasarkan uraian istilah, startup tersebut dapat kita nilai bahwa startup adalah perusahaan yang baru saja berjalan dan masih berada pada tahap pengembangan dan penelitian lebih lanjut untuk dapat terus menemukan market atau pasar dalam mengembangkan produknya.

Karakteristik dari stratup itu sendiri adalah perusahaan atau entitas bisnis yang menggunakan teknologi informasi dalam penyediaan jasa layanannya. BUMDes bisa menjadi sebuah startup dengan mengelola bisnis yang diluar kebiasaan, BUMDes harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, teknologi informasi akan lebih mempermudah BUMDes dalam pengembangan usaha maupun mengindentifikasi potensi-potensi bisnis apa saja yang ada di Desa.

Melihat banyaknya desa yang memiliki potensi alam yang berlimpah, maupun UMKM yang mempunyai potensi bersaing di pasar global, bagi BUMDes itu seharusnya menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, BUMDes bisa menjadi media pemasaran agar produk-produk di desa mempunyai pasar yang lebih luas lagi dan menjadi fasilitator mempertemukan seller dengan buyer menggunakan intervensi teknologi informasi.

Seperti kita ketahui bersama saat ini para petani di Desa kebanyakan melalukan interaksi dengan tengkulak, sehingga nilai ekonomi dari hasil bumi yang mereka jual dihargai lebih rendah. Tidak berbeda dengan UMKM yang pasarnya masih sangat sempit. Apabila kegiatan hisnis ini bisa berjalan, selain menambah pemasukan untuk BUMDes juga bisa meningkatkan ekonomi para petani di Desa.

Menjadikan BUMDes sebagai penggerak ekonomi desa merupakan wacana yang harus mulai dipikirkan dengan serius, BUMDes-BUMDes yang sudah terbentuk diharapkan mulai bergerak menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang memang kompeten untuk mewujudkan mimpi membentuk BUMDes yang profesional dan mandiri.

Digitalisasi BUMDes juga merupakan salah satu implementasi dari program smart city yang sekarang sedang digaungkan di Indonesia.

Sudah banyak cerita sukses di seantero wilayah Indonesia BUMDes yang bisa menghasilkan pendapatan yang signifikan, kebanyakan karakter desa-desa tersebut lebih maju dibanding dengan desa-desa yang BUMDes nya belum berjalan baik, kenapa bisa seperti itu? Jawabannya sangat sederhana, dengan pendapatan asli yang besar desa bisa menggunakannya untuk membiayai program-program prduktif dalam upaya akselerasi pembangunan di Desa. *





×
               
         
close