Notification

×

Arsip Blog

'Peduli Tanpa Mem-bully', Talk Show Interaktif SMPN 1 Padalarang

Rabu, 18 Januari 2023 | 16.50 WIB Last Updated 2023-01-18T09:50:30Z

 

Ruang Berita- SMPN 1 Padalarang menggelar Talk Show dan Diskusi Interaktif bersama Forum Generasi Berencana Kota Cimahi (Genre). Kegiatan yang bertujuan untuk memotivasi dan mengedukasi para pelajar tersebut, diikuti oleh warga sekolah, Kamis (12/1/23).

Kepala SMPN 1 Padalarang, Suhartono menyampaikan kegiatan di atas merupakan ajang edukasi bagi warga sekolah. Menurutnya, program tersebut juga memberikan pemahaman kepada siswa untuk lebih menjaga diri dari perkembangan zaman dan teknologi.

"Tujuan dari kegiatan ini sebagai ajang edukasi bagi siswa-siswi SMPN 1 Padalarang khususnya kelas 7, dimana program ini memberikan pemahaman terhadap siswa untuk lebih menjaga diri dari perkembangan zaman dan teknologi serta menjauhi pergaulan yang sudah tidak bisa dikendalikan lagi " ujarnya.

Lebih jauh disampaikannya, kegiatan di atas merupakan salah satu bentuk proyek dalam Implementasi Kurikulum Merdeka yang sedang berjalan di SMPN 1 Padalarang, khususnya diikuti oleh siswa-siswi kelas 7. Diangkat dari salah satu tema profil pelajar Pancasila ' Bangunlah Jiwa Raganya'.

Sementara itu, Shansan Handika Iskandar sebagai narasumber sekaligus perwakilan Forum Genre Kota Cimahi, memaparkan materi tentang Bullying. Dijelaskan bahwa  bullying menjadi hal yang harus diwaspadai, karena sudah tidak mengenal tingkatan usia.

"Kasus bullying sendiri tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja melainkan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah juga bisa melakukan hal yang demikian," jelasnya.

"Salah satu contohnya pelaku sering mengejek teman sekelasnya dengan kata-kata hingga akhirnya bisa menimbulkan perkelahian bahkan lebih parahnya lagi korban sampai tidak mau kembali ke sekolah," lanjutnya.

Di sisi lain Jason Maxwell Oilian selaku Duta Genre Jawa Barat, narasumber lainnya, memaparkan materi mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja. Menurutnya, materi diharapkan dapat membantu anak untuk terhindar dari kasus pelecehan seksual yang akhir-akhir ini sering terjadi.

"Penting diketahui, mengenai anggota tubuh mana yang boleh disentuh dan mana yang tidak boleh disentuh oleh orang lain. Diharapkan, hal ini membantu anak untuk terhindar dari kasus pelecehan seksual yang akhir-akhir ini sering terjadi. Termasuk, bahaya dari TRIAD KKR," terangnya.

Sejumlah tanggan datang dari peserta. Menurut mereka, kegiatan positif di atas, sangat mengedukasi dan memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga diri dari pergaulan yang kurang baik.

"Senang bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai,bisa menambah pengetahuan serta menjadi peringatan buat diri sendiri juga," ungkap salah satu siswa kelas 7.

Kontributor: Elva Niarrussalam, S.Pd (SMPN 1 Padalarang)-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

×
               
         
close