Notification

×

Arsip Blog

TIM GLS SMPN 3 Cihampelas Kunjungi Museum Asia Afrika

Selasa, 24 Januari 2023 | 23.03 WIB Last Updated 2023-01-24T16:03:55Z

 

Ruang Berita-SMPN 3 Cihampelas melalui tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS) mengunjungi Museum Asia Afrika (MKAA) di Bandung. Kegiatan yang juga digelar oleh tim Tantangan Membaca Bandung Barat (TMBB) tersebut, dilaksanakan  pada Minggu (14/1/23).

Kepala SMPN 3 Cihampelas, Rustandi menyampaikan program di atas merupakan upaya pihaknya dalam mendukung gerakan literasi. Menurutnya, kualitas literasi siswa diharapkan semakin meningkat setelah mengunjungi tempat bersejarah tersebut.
 
"Kegiatan literasi ini sangat penting, tidak hanya kualitas membaca namun juga literasi dalam artian yang lebih luas. Pada kesempatan ini siswa dan guru peserta TMBB SMPN 3 Cihampelas berkesempatan untuk melakukan kunjungan literasi ke Museum Asia Afrika," ujarnya.
 
Sementara itu, Nunik Wahyuni selaku Koordinator GLS, kepada Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat (17/1/23), mengungkapkan tujuan kunjungan pihaknya adalah untuk menguatkan pemahaman siswa tentang literasi.
 

"Kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan literasi bagi peserta TMBB SMPN 3 Cihampelas. Literasi tidak hanya sekedar kegiatan membaca buku, menulis, atau mengunjungi perpustakaan," ungkapnya.

Di sisi lain, Dian Nuryati yang juga sebagai guru IPS SMPN 3 Cihampelas menambahkan bahwa objek wisata MKAA yang diselenggarakan tim TMBB sangat menunjang pembelajaran Sejarah.

"Dengan kegiatan ini, sangat menunjang pembelajaran IPS Sejarah. Siswa dalam langsung membuktikan informasi sejarah yang mereka peroleh di kelas,"imbuhnya.
Sejumlah tanggapan dari siswa, di antaranya Wulansari dan Dini Yusti Yuliani, mengapresiasi program tersebut. Menurut mereka, merupakan pengalaman yang sangat menarik saat berkunjung ke MKAA.
 

"Seru sekali, kami berkeliling melihat-lihat berbagai peninggalan acara Konfrensi Asia Afrika, yang diselenggarakan pada 18-24 April 1955 silam, ditambah dengan penjelasan menarik dari Pemandu Museum,." tutur Wulansari.

"Saya senang sekali dan bangga karena berhasil menjawab kuis dari Pemandu Museum dan mendapatkan hadiah Buku Museum Asia Afrika," pungkas Dini Yusti Yuliani dengan gembira.

Kontributor: Nunik Wahyuni, S.Pd (SMPN 3 Cihampelas)-Pewarta/Editor:Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

×
               
         
close