Notification

×

Arsip Blog

WUJUDKAN GENERASI UNGGUL, SMPN 2 PARONGPONG GELAR PELANTIKAN PRAMUKA

Rabu, 25 Januari 2023 | 17.36 WIB Last Updated 2023-01-25T10:36:59Z

 

Ruang Berita- SMPN 2 Parongpong menggelar pelantikan Penggalang Rakit Pramuka. Kegiatan ini menjadi salah satu wahana dalam rangka memberikan pengakuan dan pengesahan anggota Pramuka atas prestasi yang dicapainya selama latihan di tingkat SMP, Sabtu (21/1/23).

Kepala SMPN 2 Parongpong. Yeti Resmiati, menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan pelantikan Pramuka ini perlu dilakuan dalam upaya melakukan langkah-langkah dalam proses menyelesaikan tugas dan kewajiban.

"Untuk memeroleh Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK), seorang Pramuka yang baik perlu dilakukan pelantikan penggalang agar prestasinya mendapat pengakuan dan pengesahan dari lingkungannya," ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Yeti, kegiatan pelantikan di atas merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan pihaknya.  Menurutnya, upaya ini tentunya dilakukan dalam rangka menciptakan manusia yang berpedoman pada Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

"Hal ini bertujuan agar para pramuka yang dilantik mendapatkan kesan yang mendalam untuk menerima dampak postif dan karismatik dari para pembinanya," sambungnya.

Selain itu, masih menurut Yeti, pihaknya berharap agar semua yang dilantik memiliki mental yang kuat, sehingga tangguh dalam menghadapi segala keadaan.

"Kami berharap agar setiap Pramuka yang dilantik memiliki fisik dan psikisnya yang prima, sehingga akan lahir generai unggul ke depannya," tandasnya.

Sementara itu, Asep Kurnia selaku Pembina Pramuka menyampaikan bahwa kegiatan pelantikan Pramuka Penggalang Rakit ini dapat terlaksana secara tatap muka dengan aturan protokol kesehatan yang ketat.

Dipaparkan Asep, program yang diikuti oleh 137 orang dalam 19 regu tersebut dilaksanakan pada Jumat sd. Sabtu (20-21/1/23) dan ditutup dengan kegiatan perkemahan dan presentasi materi tentang kedisiplinan diri dalam keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat  yang disampaikan oleh Asep Komarudin selaku Babinsa Desa Ciwaruga,

Materi lainnya, yaitu tausiah tentang tujuan hidup oleh Ust. Hamzah Dio Murtadlo, dan  oleh Hanna Maulida, tentang Adab dan Etika sebagai peserta didik dan anggota Pramuka.

Dalam kegiatan penutupan, Yeti menyamoaikan bahwa kegiatan di atas diprioritaskan dalam kegiatan sosial. Hal ini bertujuan untuk membentuk mental dan jiwa sosial masing-masing anggota Pramuka.

"Inti dari kegiatan pelantikan Pramuka Penggalang Rakit di SMPN 2 Parongpong ini pada dasarnya diprioritaskan dalam kegiatan sosial. Hal ini bertujuan untuk membentuk mental dan jiwa sosialis pada tiap- tiap anggota pramuka agar mampu menginternalisasi nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian," pungkasnya.*

Kontributor: Tim SMPN 2 Parongpong-Sumber Berita: Dra. Hj. Yeti Resmiati, M.M (Kepala SMPN 2 Parongpong-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

×
               
         
close