Notification

×

Arsip Blog

SMPN 3 NGAMPRAH JUARA 1 SHORT MOVIE

Kamis, 16 Februari 2023 | 20.17 WIB Last Updated 2023-02-16T13:33:13Z

 


Ruang Berita- SMPN 3 Ngamprah, melalui Vyra Anisa Novianty siswi kelas 8 A, merebut penghargaan sebagai Juara ke-1 di ajang festival film “Universe” yang diselenggarakan SMP Fitrah Insani, Selasa (14/2/23).

Kepala SMPN 3 Ngamprah, Mepi mengapresiasi capaian anak didiknya di atas. Menurutnya, prestasi tersebut merupakan kerja keras siswa dengan bimbingan para pembina di program ekstrakurikuler literasi.

Disampaikannya, penghargaannya yang diterima Vyra dapat menjadi stimulus siswa lainnya, untuk berprestasi di segala bidang, sehingga dapat membanggakan semua pihak.

“Saya sangat bangga dengan prestasi yang diraih ananda Vyra Anisa Novianty. Semoga prestasi yang diraihnya tersebut memotivasi teman-temannya untuk meraih penghargaan di segala bidang, sehingga membanggakan sekolah, orang tuas, dan Bandung Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Dati Dahliana selaku guru pembimbinga mengungkapkan bahwa karya Vyra dengan judul “Semesta Tak Pernah Tahu” merupakan film yang mengisahkan tentang terjadinya sebuah bencana alam, yaitu gempa bumi yang mengakibatkan kerusakan di salah satu daerah dan tentu saja banyak memakan korban jiwa.

Dipaparkan Dati, film berdurasi 10 menit tersebut menceritakan  Aira, seorang gadis mungil yang tampak tidak peduli terhadap alam semesta, dia selalu tidak menghiraukan atas apa yang terjadi pada bumi yang dia pijak saat ini. Kesedihan menghampirinya ketika seorang kakak yang sangat dicintainya meninggal dalam kecelakaan gempa bumi. Dia tampak terpukul karena dia masih mengingat bahwa kakaknya akan menjemput dia dan memberikan oleh-oleh kepadanya. Namun nasib berkata lain, dia meninggal dan tak bisa diselamatkan akibat terkena reruntuhan gedung kantor pada saat gempa bumi terjadi.

“Di hari berikutnya Aira diajak teman-temannya untuk mengikuti misi adwiyata yang di pimpin oleh salah satu gurunya, Aira diharapkan mau mengikuti kegiatan tersebut agar dia mau peduli terhadap alam, karena teman-temannya yang begitu solid akhirnya dia pun mengikuti ajakan temannya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Akhirnya Aira tersadar akan kesalahannya selama ini yang telah teledor tidak mau merawat bumi dengan baik, Dari hal kecil inilah dia faham betul dengan menjaga alam, maka alam akan menjaganya,” paparnya.

Di sisi lain, Vyra berharap bahwa kisah di film tersebut semua pihak dapat mengambil hikmahnya, dengan mengubah perilaku untuk peduli dan cinta pada lingkungan dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan dalam mewujudkan perilaku cinta terhadap lingkungan.

“Menjaga dan merawat bumi adalah tanggung jawab semua pihak. Jika manusia tidak bisa menjadi bagian dari solusi, maka akan terjadi masalah besar yang ditanggung oleh bumi. Untuk itu mari bersama melakukan “aksi nyata” menjaga bumi sebagai tugas bersama dan “mimpi bersama”. Wujudkan lingkungan bersih, sehat, hijau, nyaman, sejuk dipandang mata,” harapnya.

Kontributor: Dati Dahliana, S.E., M.Pd (SMPN 3 Ngamprah)-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

×
               
         
close