Notification

×

Arsip Blog

SMPN 3 CISARUA DAN SAVE THE CHILDREN GEBYARKAN CTPS DAN GIZI REMAJA

Kamis, 09 Maret 2023 | 22.24 WIB Last Updated 2023-03-09T22:41:13Z


Ruang Berita-SMPN 3 Cisarua bersama Save The Children (STC) menggelar sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian gebyar CTPS dengan melibatkan seluruh warga sekolah, dikhususkan untuk memberikan edukasi kebersihan tangan dan gizi remaja melalui program Better Investment for Stunting Alleviation (BISA), Kamis (9/3/23).


Kepala SMPN 3 Cisarua, Nenden Lia Amalia mengapresiasi program di atas. Menurutnya, dengan sosialisasi CTPS dan gizi remaja tersebut, diharapkan  warga sekolah turut mendukung upaya pemerintah dalam menurunkan stunting.


"Kami mengapresiasi program yang digelar atas prakarsa Save The Children dan Nutrition Internationa dengan program BISA. Sosialisasi CTPS dan gizi remaja tersebut membantu kami dalam upaya mendukung program penurunan stunting yang dicanangkan pemerintah," ujarnya.


Lebih jauh disampaikan Nenden, kegiatan CTPS dan edukasi tentang gizi remaja merupakan rangkaian program STC dan Nutrition International yang diikuti para kepala sekolah di satuan pendidikan yang mendapatkan program tersebut sebelumnya.

Ditambahkannya, perluasan program CTPS dan gizi remaja tersebut merupakan paket progam BISA yang bertujuan, selain untuk mendukung pemerintah dalam mencegah dan menurunkan stunting, juga megedukasi warga sekolah tentang pentingnya pola hidup sehat. 


"Perluasan program CTPS dan gizi remaja tersebut merupakan paket progam BISA yang bertujuan, selain untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mencegah dan menurunkan stunting, meningkatkan pengetahuan, mengubah perilaku, meningkatkan akses dan kualitas layanan, mengelola sumberdaya dan menerapkan kebijakan secara lebih efisien dan efektif," imbuhnya.


Sementara itu, Ahmad Feisal Riza selaku Wakasek bidang kesiswaan menyampaikan program yang digelar pihaknya, juga untuk memberikan informasi tentang pentingnya mencegah stunting sejak usia dini.


Senada dengan Firman Fathurahman dan Mochamad Billal Prayoga, fasilitator program, yang memaparkan bahwa kegiatan di atas, merupakan implementasi dari semua materi yang didapat dari program yang didapat mereka.  Sehingga, telah menjadi kewajiban untuk didesiminasikan kepada seluruh warga sekolah. 


"Dalam kegiatan ini, dimulai dengan sosialisasi program melalui penayanagn video percobaan nasi dan menanyakan pesan apa yang para siswa tangkap dari video tersebut. Kemudian,  melaksanakan praktik enam langkah CTPS bersama mereka. Selanjutnya, warga sekolah diajak untuk menirukan apa yang ditayangkan dalam video. Selain itu, disosialisasikan juga senam enam langkah CTPS, dan waktu-waktu penting, serta komitmen untuk melaksanakan CTPS," paparnya.


Di sisi lain, Sendy, salah seorang siswa menyampaikan bahwa mereka sangat senang dengan kegiatan sosialisasi CTPS tersebut. Menurutnya, siswa dapat lebih mengetahui cara-cara mencuci tangan dengan benar, sesuai dengan rekomendasi WHO, terutama enam langkah cuci tangan pakai sabun selama 20 detik. **


Kontributor: Tim Fasilitator CTPS SMPN 3 Cisarua-Sumber Berita: Nenden Lia Amalia, S.Kom., M.Pd-Pewarta/editor: Adhyatnika Geusan Ulun.

×
               
         
close