Notification

×

Arsip Blog

MENABUNG BIKIN UNTUNG DENGAN PROGRAM 'CETAR' DI SD NEGERI 2 KERTAMULYA

Kamis, 18 Mei 2023 | 07.06 WIB Last Updated 2023-05-18T00:09:20Z

 

 

Oleh: Nia Kurniawati, S.Pd.Sd


Pengelolaan keuangan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk masa depan. Di era sekarang, tampaknya kebiasaan menabung mulai jarang dilakukan. Apalagi jika mengingat kebutuhan seseorang semakin meningkat seiring perkembangan zaman.  Salah satu cara mengelola keuangan secara sederhana adalah dengan menabung. Menabung memiliki arti menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk disimpan. Menabung merupakan hal yang sangat penting terutama ketika harga kebutuhan sehari-hari semakin meningkat.  


Sebenarnya menabung bisa dilakukan dengan mudah jika ada target. Namun terkadang seseorang mungkin merasa hal itu sulit dilakukan.  Menabung dianjurkan untuk mulai ditanamkan sejak dini oleh orang tua kepada anak-anaknya. Salah satu cara yang paling mudah dalam proses edukasi menabung bagi anak-anak adalah dengan menabung di rumah karena dapat dilakukan setiap waktu.


Berawal keinginan dari siswa kelas VI yang ingin melaksanakan kegiatan di akhir tahun tanpa memberatkan orangtua, akhirnya kami mengadakan pertemuan dengan perwakilan orangtua untuk berbagi solusi terbaik agar pembiayaannya tidak menjadi beban orangtua dan menerapkan belajar hidup hemat dan sederhana bagi siswa. Akhirnya  dibuatlah Program kerja monodisiplin dengan tema penanaman kesadaran tentang pentingnya menabung sejak dini bagi siswa SD melalui pembiasaan menabung sejak dini bagi siswa SD melalui pembiasaan menabung dalam celengan target (CETAR) yang dicetuskan oleh  Penulis dan Dara Puspita Dewi, S.Pd sebagai guru kelas VI di SD Negeri 2 Kertamulya. Program kerja ini kami ajukan kepada Bapak Erus Rusnadi, S.Pd, selaku Kepala SD Negeri 2 Kertamulya dan beliau menyetujuinya.



Sebelum pelaksanaan program ini dimulai, kami sebagai guru menampilkan presentasi dan video materi seputar edukasi menabung meliputi pengertian, manfaat, kebutuhan dan keinginan serta pentingnya menabung. Program kerja ini juga sangat interaktif dikarenakan terdapat kuis-kuis seputar materi yang telah dijelaskan. Siswa juga menuliskan target apa yang ingin dilaksanakan di kelas 6 ini apabila tabungan sudah terkumpul.


Celengan target ini dibeli secara online yang bisa dibuka tutup atau dapat juga dikreasikan oleh anak dari botol/kaleng bekas yang dihias sesuai dengan kreativitas anak.  Lalu kami tempelkan stiker target untuk disilang setiap harinya. Setiap celengan diberikan identitas berupa nama dan kelas. Target kita 1000/hari mengisi celengan. Murid kelas VI SD Negeri 2 Kertamulya terlihat sangat antusias, senang dan bersemangat untuk menabung di celengan tersebut. 


Untuk mendukung keberlanjutan program ini diberikan juga poster-poster mengenai ajakan menabung agar menjadi pengingat bagi siswa untuk senantiasa konsisten dalam menabung. Dalam melaksanakan program ini dibutuhkan kesabaran bagi kami terutama untuk terus mengingatkan agar jangan lupa mengisi celengan target (CETAR).




Tujuan yang diharapkan dari program ini adalah siswa di SD Negeri 2 Kertamulya dapat menerapkan budaya menabung melalui celengan target yang sudah dibuat serta menerapkan proses menabung secara berkelanjutan sesuai target yang diinginkan.



Apakah program ini berhasil dilaksanakan? Ya, program yang telah dijalankan kurang lebih selama 5 bulan (Januari-Mei 2023) Alhamdulillah menghasilkan target yang dinginkan siswa. Celengan ini dibuka setiap bulan dikumpulkan di guru, lalu dibawa lagi ke rumah untuk diisi dan dikumpulkan lagi pada bulan depannya dan begitu seterusnya. Hasil akhirnya adalah kami dapat melaksanakan program akhir tahun kelas VI. yaitu karya wisata dan perpisahan dengan tidak terlalu memberatkan orang tua karena siswa dibiasakan untuk menabung dalam Celengan Target (CETAR).


Dengan adanya program ini, kami menginginkan agar bisa diterapkan di semua kelas mulai dari kelas I – VI untuk tahun ajaran yang akan datang. Dimulai dari kepala sekolah dan guru-guru berikut penjaga sekolahnya. Program ini juga akan kami beritahukan kepada komite sekolah untuk persetujuannya.   


Menentukan target yang harus dicapai merupakan cara yang menabung memerlukan beberapa cara terutama bagi anak-anak usia SD. Berikut tips yang bisa digunakan :

1. Memberikan pengertian kepada anak-anak akan pentingnya menabung.

2. Menganjurkan untuk senantiasa hidup hemat dengan cara menyisihkan sebagian uang jajan untuk di tabungkan.

3. Membuat poster-poster manfaat menabung dan belajar hidup hemat.

4. Memberikan kuis-kuis/latihan tentang keuntungan dari menabung dan hidup hemat.

3. Membuat target berapa uang yang akan disisakan atau ditabungkan setiap harinya.

4. Memberikan celengan menarik dalam hal ini Celengan Target (CETAR) yang ada target menabung untuk disilang.

5. Memberikan apresiasi kepada anak-anak apabila bisa mencapai target yang diinginkan.

 

Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan manfaat dan diambil contoh baiknya untuk dapat diterapkan di sekolah bahwa melalui tulisan  “Menabung Bikin Untung dengan Program Celengan Target (CETAR)” memberikan kontribusi yang positif di sekolah. ***

 



 

×
               
         
close