Notification

×

Arsip Blog

TU INSPIRATIF DARI SMPN 4 CIPEUNDEUY

Senin, 29 Mei 2023 | 19.56 WIB Last Updated 2023-05-29T13:19:32Z

 




Oleh: Hj. Eni Haerini, M.Pd.

Tantangan Membaca Bandung Barat atau yang biasa disingkat menjadi TMBB merupakan salah satu kegiatan literasi yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Bandung Barat khususnya tingkat SMP. TMBB ini merupakan program yang bertujuan meningkatkan minat baca siswa di SMP baik itu negeri atau pun swasta karena dalam TMBB siswa yang menjadi pesertanya ditantang untuk membaca dua kali dalam sebulan, sementara itu pembimbing harus membaca  lima buku dan kepala sekolah wajib membaca satu buku.  Selain membaca, peserta juga diwajibkan menulis masing-masing sebanyak lima tulisan selama masa tantangan. Namun untuk kepala sekolah hanya wajib membuat satu tulisan saja.

Pada TMBB periode 2022-2023 ini semua sekolah menengah pertama wajib menjadi pesertanya, baik negeri maupun swasta. Tentu saja dalam hal ini termasuk SMPN 4 Cipeundeuy. Terdapat 19 peserta dari siswa, 5 orang pembimbing dan kepala sekolah. Dengan jumlah guru yang sedikit tidak menjadi penghambat untuk menjadi peserta TMBB. Bahkan sebagai sekolah kecil SMPN 4 Cipeundeuy mendaftarkan diri sebagai sekolah best practice. Artinya predikat sekolah yang tertinggai dalam tantangan membaca.

Dengan Kerjasama yang baik antara siswa, guru, staf TU, dan kepala sekolah, akhirnya semua persyaratan untuk menjadi sekolah best practice dapat terpenuhi. Bahkan menjadi kebahagian ketika siswanya mendapat penghargaan sebagai juara harapan satu sebagai peserta terbanyak dalam meulis dan membaca. Sementara kepala sekolahnya mendapat penghargaan sebagai juara kedua kepala sekolah dengan review bacaan dan menulis konten terbanyak dan terkreatif.

Menjadi sebuah sebuah kebanggaan lain juga bagi SMPN 4 Cipeundeuy karena dalam TMBB kali ini menyertakan staf Tata Usaha sebagai pembimbing. Beliau bernama Angga Wibawa Nur Hidayat. Padahal masih ada guru yang bisa menjadi pembimbing siswa dan di sekolah lain pada umumnya pun hanya gurulah yang menjadi pembimbing siswa peserta TMBB.

Angga memang seorang staf TU yang menginspirasi bagi orang-orang di sekotarnya. Beliau selalu terlibat membantu kegiatan apa pun di sekolah. Beliau selalu bekerja dengan ikhlas dalam melakukan hal apa pun di sekolah sehingga dengan honornya yang sekadarnya saja Angga selalu tampak Bahagia. Demikian halnya sebagai pembimbing TMBB. Dengan sangat sabar membimbing siswa peserta dalam membuat review dan tulisan. Bahkan siswa peserta TMBB yang dibimbingnya ada dua orang yang sangat lambat dalam pengerjaan tantangannya. Namun dengan kegigihan Angga ini, akhirnya kedua peserta itu tetap dapat memenuhi target tepat waktu.

Semoga Angga Wibawa ini dapat menginspirasi guru di mana pun untuk turut serta mengambil peran dalam TMBB berikutnya. Seorang TU saja mau membimbing siswa, masa guru masih beralasan? ***

Penulis adalah Kepala SMPN 4 Cipeundeuy Kab.Bandung Barat.



 

×
               
         
close