Notification

×

Arsip Blog

SMPN 3 SAGULING DI LEMBAH DEWATA

Kamis, 15 Juni 2023 | 12.18 WIB Last Updated 2023-06-18T15:21:16Z


Oleh: Dra Shinta Ayu Kencana Jaffrie, MPd
(Kepala SMPN 3 Saguling)


Pembelajaran di luar kelas/alam merupakan salah satu metoda pembelajaran yang sering kita lakukan sebagai tenaga pendidik. 


Seperti halnya SMP Negeri  3 Saguling melaksanakan pembelajaran di alam dengan  berkunjung ke Taman Lembah Dewata yang merupakan salah satu tempat wisata di Lembang Kabupaten Bandung Barat. Program yang penulis canangkan tersebut merupakan rangkaian kegiatan outing class pada Rabu, 14 Juni 2023.


Sebelum ke destinasi wisata indah tersebut, penulis dan 157 siswa beserta para guru pembimbing juga mengunjungi Museum Sri Baduga di Kota Bandung. Semuanya bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran kontekstual lintas mata pelajaran.


Menurut penulis, Taman Lembah Dewata merupakan pesona Bali yang ada di Lembang Kab.Bandung Barat. Dewata berarti dewa-dewi yang mana sebenarnya identik dengan tanah Parahyangan. Tempat ini menyajikan nuansa Bali di tanah Pasundan. 



Bagi peserta didik, ini merupakan pembelajaran karena mereka dapat memahami budaya tanah Bali  dilihat dari ornamen ornamen yang ada mirip di Bali. Sehingga, hadirnya taman ini menjadi salah satu alternatif bagi para pecinta keindahan alam Pulau Bali dengan mengunjungi Lembah Dewata Lembang. 


Pada kegiatan tersebut, arena bersepeda dan wisata air menjadi pilihan dari peserta didik. Keceriaan nampak di wajah mereka, setelah suntuk mengikuti PSAS. 


Seluruh pembimbing tetap semangat menjalankan tugas dan tetap semangat mendampingi peserta didik, demi masa depan anak bangsa. 


Semoga kegiatan luar biasa ini dapat merealisasikan: "Didalam tubuh yang sehat terdapat Jiwa yang sehat". ***









×
               
         
close