Notification

×

Arsip Blog

SIAP IMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA, SMPN 1 LEMBANG GELAR IHT

Senin, 03 Juli 2023 | 23.33 WIB Last Updated 2023-07-03T16:34:24Z

 



RUANG BERITA-In house training (IHT) menjadi pembukaan untuk implementasi kurikulum merdeka di SMPN 1 Lembang. IHT tersebut dilaksanakan pada Rabu & Kamis (21-22/6/23). Pada IHT ini mengundang dua narasumber, yaitu Ujang Hendra S.Pd., M.Pd. dan Yudi Kustiana, S.Pd., M.M.Pd.

Ai Nurhayati selaku Kepala SMPN 1 Lembang memberikan sambutan saat membuka secara resmi kegiatan di atas, bahwa IHT dilaksanakan guna membekali para guru untuk mempersiapkan IKM di tahun pelajaran 2023/2024.

"Alhamdulillah hari ini Bangji (SMPN 1 Lembang.red) bisa melaksanakan IHT dalam rangka persiapan IKM, dan bersyukur Ibu/Bapak bisa menyelesaikan tugas akhir tahun lebih cepat agar bisa mengikuti IHT hari ini dengan dua narasumber yang sangat hebat dan merupakan bagian dari keluarga bangji," tuturnya.

Nurhayati menambahkan, bahwa semua pendidik harus mengikuti IHT agar dapat memahami bagaimana cara membuat perangkat pembelajaran di kurikulum merdeka ini, meskipun baru akan diimplementasikan di kelas 7.

"Ibu/Bapak, semua harus terlibat dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka ini. Bukan hanya untuk guru kelas 7 saja, karena semua guru juga harus mengetahui bagaimana cara membuat rpp, bahan ajar dan perangkat pembelajaran lainnya di kurikulum merdeka ini," tandasnya.

Selain itu, Yudi sebagai narasumber, menyampaikan meskipun SMPN 1 Lembang baru akan melaksanakan Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2023/2024, namun para pendidik telah menerapkan projek pengembangan karakter atau yang lebih dikenal dengan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), seperti pada saat menggelar sendratari dalam kolaborasi antar 4 mapel di antaranya seni budaya, bahasa Indonesia, IPS dan PKN.

"Meskipun kurikulum merdeka baru akan diimplementasikan pada tahun ajaran yang akan datang, namun ternyata bangji sudah melaksanakan ujian praktik dengan kolaborasi mapel untuk pengembangan karakter siswa. Hal tersebut merupakan salah satu penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sering digaungkan pada sistem kurikulum merdekan," ujarnya.

Kegiatan IHT hari kesatu diawali dengan mengenal Kurikulum Merdeka, mengenal sistem penilaian asesmen, dan sistem pembuatan modul ajar. Para pendidik pun begitu antusias dan semangat untuk mengupas lebih dalam implementasi kurikulum merdeka. 

Selanjutnya, kegiatan IHT di hari kedua, para pendidik melakukan praktik dalam pembuatan perangkat pembelajaran seperti modul ajar dan kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang lebih dikenal dengan P5. Semua pendidik berkumpul bersama tim MGMPnya dan mengawali kegiatan dengan berdiskusi dalam pembuatan modul ajar. 

Setelah menyelesaikan satu modul perwakilan dari tiap MGMP mempresentasikan hasil diskusi membuat modul ajar. Kegiatan tersebut, merupakan salah satu tanda bahwa SMPN 1 Lembang telah siap untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 


Kontributor: Tina Gustini, S.Pd-Sumber Berita: Hj. Ai Nurhayati, S.Pd.,  M.Pd.




×
               
         
close