Notification

×

Arsip Blog

INSPEKTORAT DAERAH KBB GELAR MONEV BOSP

Minggu, 10 September 2023 | 20.37 WIB Last Updated 2023-09-10T13:39:57Z





RUANG BERITA-Lemahnya pendokumentasian sejumlah kegiatan sekolah merupakan hal yang paling disoroti dalam setiap monitoring dan evaluasi (Monev) bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP). Demikian disampaikan DR. Indra Gunawan dari Inspektorat Daerah Kab.Bandung Barat saat menutup kegiatan Monev jenjang SMP di wilayah Cililin, Jumat (8/9/23).


"Terdapat beberapa catatan dalam pelaksanaan Monev hari ini. Di antara yang paling dan harus menjadi perhatian kita semua adalah masih belum optimalnya pendokumentasian kegiatan-kegiatan di setiap sekolah," tuturnya.


Lebih jauh disampaikan, sesuai dengan tujuannya, Monev diselenggarakan untuk memantau, mengevaluasi, dan menilai penggunaan dan pemanfaatan dana BOSP reguler pada 2023. Hal tersebut agar dalam pemanfaatannya BOSP tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukkannya sebagaimana yang telah diregulasikan pemerintah.


Msekipun demikian, masih tutur Indra, secara umum laporan penggunaan BOSP setiap SMP di wilayah Cililin sudah tersusun sistematis sesuai dengan pemanfaatan dananya, terutama sekolah-sekolah swasta.


"Apresiasi kepada sekolah-sekolah di wilayah Cililin yang telah memberikan pelaporan penggunaan dana BOSP sesuai dengan ketentuan yang berlaku, terutama sekolah swasta yang sudah optimal dalam pendokumentasiannya," imbuhnya.


Sementara itu, Ketua SR 04 SMP, Jaja menyampaikan Monev di atas merupakan agenda rutin Pemerintah Kab. Bandung Barat melalui Inspektorat Daerah yang mendorong optimalisasi penggunaan dana BOSP sesuai dengan peraturan yang berlaku.  


Menurut Jaja, setiap sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan KBB sebelumnya telah diberikan pembinaan melalui bimbingan teknis (Bimtek) BOSP pada awal tahun anggaran. Hal tersebut agar dalam pemanfaatannya tidak menemui kendala yang berarti. 


"Monev BOSP reguler merupakan agenda rutin Pemerintah Kab. Bandung Barat melalui Inspektorat Daerah yang mendorong optimalisasi penggunaan dana BOSP sesuai dengan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan KBB telah melaksanakan bimbingan teknis BOSP pada setiap awal tahun anggaran, agar dalam penggunaannya sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan pemerintah," tandasnya.


Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun




×
               
         
close