Notification

×

Arsip Blog

SDN SUKAMANAH CILILIN SUKSES GELAR ANBK

Senin, 30 Oktober 2023 | 11.02 WIB Last Updated 2023-10-30T04:02:52Z

 



RUANG BERITA- SDN Sukamanah Kec. Cililin melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang ketiga. Kegiatan yang diikuti oleh 28 peserta didik kelas 5 tersebut, dilaksanakan di SDN Lembang sebagai sekolah yang dipilih untuk penyelenggaraan asesmen, Senin (30/10/23).

Kepala SDN Sukamanah, Suryana menyampaikan pelaksanaan ANBK tahun ini berlangsung sesuai dengan program. Menurutnya, meskipun sekolah masih menumpang di salah satu sekolah yang memiliki fasilitas pendukung asesmen yang lebih lengkap, namun para peserta didiknya antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah pelaksanaan ANBK berlangsung sesuai yang telah diprogramkan sekolah. Meskipun masih menumpang, namun semua siswa kelas 5 yang tercatat sebagai peserta ANBK mengikuti asesmen ini dengan semangat,” ujarnya.

Peserta ANBK SDN Sukamanah.dok

Lebih jauh disampaikan, pihaknya mengapresiasi dukungan seluruh warga sekolah, termasuk orang tua pada penyelenggaraan ANBK.

“Terima kasih atas dukungan para guru, dan orang tua yang telah mendukung pelaksanaan ANBK,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Sekolah terus mengupayakan fasilitas pendukung ANBK untuk sekolah. Pihaknya berharap agar para pemegang kebijakan dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan asesmen yang telah diprogramkan pemerintah.

Sementara itu, Iim Rohimah selaku pengawas ANBK mengungkapkan, walaupun terdapat kendala yang mengiringi pelaksanaan asesmen, namun semuanya dapat diatasi dengan cepat oleh para panitia.

Pengawas ANBK. dok

Menurut Iim, permasalahan yang sering muncul pada pelaksanaan ANBK adalah jaringan internet dan instalasi listrik. Pihaknya telah mengupayakan sejumlah antisipasi, di antaranya dengan menunda pelaksanaan hingga merencanakan untuk meminjam pembangkit listrik mini.

“Kendala yang terkadang muncul saat pelaksanaan ANBK adalah jaringan internet yang relatif kurang stabil. Bahkan, pada saat gladi pernah terjadi mati lampu yang menghambat pelaksanaannya. Namun, kami telah mengantisipasinya dengan menjadwal ulang, bahkan kami merencakan untuk meminjam genset kepada sekolah terdekat,” ungkapnya.

Di lain pihak, Iim mengharapkan pelaksanaan ANBK dapat diselenggarakan secara mandiri. Oleh karena itu, pihaknya selalu mendukung pemenuhan fasilitas pendukung asesmen tersebut yang tengah diupayakan sekolah.

“Semoga tahun depan kami dapat menyelenggarakan ANBK secara mandiri. Kami selalu mendukung upaya sekolah dalam pemenuhan fasilitas pendukungnya,” tandasnya. ***

Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Sumber Berita: H.Suryana, S.Pd (Kepala SDN Sukamanah Kec. Cililin Kab. Bandung Barat).     



×
               
         
close