Notification

×

Arsip Blog

Rayakan HUT RI Ke 79, SMPN 3 Cililin Kolaborasi dengan Cadmasa Hima Kimia Poltek Bandung

Rabu, 21 Agustus 2024 | 21.55 WIB Last Updated 2024-08-21T23:47:47Z

 

Dra. N. Mimin Rukmini, M.Pd
(Kepala SMPN 3 Cililin)

Tak terbayangkan sebelumnya ketika harus adu kekuatan berlari mengambil balon melawan maha siswa. Seru, gembira, cape, lelah, pokonya Semangat 45! Kami guru-guru perempuan berlima per kelompok harus berlomba melawan mahasiswi untuk beradu kecepatan mengambil balon. Pemimpin kelompok harus berlari pertama bolak-balik mengambil bola, lalu bola ditempel di antara badan anggota kelompok. Balon tak boleh betus ataupun jatuh. Pemenang lomba adalah kelompok tercepat membawa balon dari seluruh anggota kelompok itu. 

 

Sebelum kelompok ibu-ibu guru dan mahasiswa, juga adalah kelompok lomba murid-murid antarkelompok dari masing-masing kelas. Kelompok murid adu kecepatan mengambil balon serta kolaboratif dalam mengambil atau berlari itu lebih seru dan cepat. Bukan hanya lomba mengambil dan menjepit balon, memasukkan karet gelang dengan media sedotan hanya dengan digigit pun luar biasa! Konsentrasi murid dalam memindahkan karet gelang dari sedotan di mulut murid yang satu ke sedotan murid yang lain membutuhkan konsentrasi. 

 

Selanjutnya, ada pula lomba tarik tambang antarmurid, antarbapak guru dan mahasiswa, juga antaribu guru dan mahasiswi. Kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustur 2024, Sabtu lusa sungguh luar biasa! Kegiatan Tujuhbelasan yang penuh muatan lokal perlu dilestarikan. 

 

Tidak lupa pula saya paparkan bahwa kegiatan Cadmasa di sekolah kami dibuka secara resmi hari Rabu, 14 Agustus kemarin. Nah, Rabu itu Mahasiswa memberi materi tentang praktik baik saint. Ada salah seorang siswa karena bangganya sampai-sampai laporan bahwa mereka mendapat hadiah dari mahasiswa karena nilainya bagus dalam melakukan praktik sain. Selain itu, mahasiswa pun menyampaikan materi tentang motivasi belajar dan pentingnya pendidikan. Sungguh ini hal yang bermanfaat dan luar biasa. 

 

Adalah hari ini Kamis, 15 Agustus 2024 merupakan hari kedua Kegiatan Himpunan Maha siswa Jurusan Kimia Politeknik Bandung di SMP Negeri 3 Cililin. Banner yang terpasang tertulis "Cadmasa" adalah Cadudasa Bersama Masyarakat Desa. Arti berdasarkan wawancara dari salah seorang mahasiswa katanya bahwa cadudasa adalah cemerlang bersama masyarakat desa. Saya tafsirkan bahwa kegiatan Mahasiswa Politeknik Bandung bekerja sama dengan desa serta sekolah adalah harapan adanya hubungan kolaboratif antara Perguruan Tinggi dengan masyarakat desa dan sekolah khususnya di wilayah yang termasuk daerah-daerah yang terbilang wilayah pinggiran. 

 

Kami dari pihak sekolah mengapresiasi setinggi-tingginya kepada mahasiswa dan pihak kampus. Setidaknya Poltek Bandung telah mengukir sejarah di SMP Negeri 3 Cililin, khususnya dan Desa Karyamukti umumnya. Kami bangga atas Cadmasa ini. Terimakasih kami ucapkan! Kami menunggu kegiatan dan kolaboratif selanjutnya. ***



×
               
         
close