Oleh: Rusmiati, S.Pd
(SDN Maroko Bandung Barat)
Bencana alam gempa bumi beberapa waktu yang lalu menyisihkan luka mendalam bagi negeri Indonesia. Harta benda yang dibanggakan hancur berkeping-keping. Korban jiwa tercatat telah mencapai lebih dari 300 orang. Sebagian besar dari para korban merupakan anak-anak. Hal ini menimbulkan kesedihan mendalam bagi kita semua. Terbayang wajah mungil dari para korban yang berusaha menyelamatkan diri dari bencana. Namun apa daya, gempa berkekuatan 5.6 magnitudo terlalu kuat untuk dihadapi tubuh mungil mereka.
Daerah Bencana
Peristiwa gempa Cianjur menyadarkan penulis sebagai salah satu guru sekolah dasar betapa pentingnya membekali para murid pengetahuan mengenai bencana alam. SD Negeri Maroko tempat penulis mengajar, terletak di daerah Bandung Barat menjadi salah satu daerah yang rawan akan gempa.
Dilansir dari https://www.jpnn.com/news/imbau-warga-waspada-pvmbg-bandung-barat-masuk-kawasan-rawan-gempa-bumi “Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, menyatakan mayoritas wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, masuk ke dalam kategori kawasan rawan bencana gempa bumi menengah, yang ditunjukkan dengan warna kuning melalui hasil pemetaan.” Sesar Lembang yang terletak di Bandung Barat berpotensi menimbulkan gempa bumi kapan saja.
Sebagai warga yang tinggal di daerah rawan bencana, tentunya harus selalu waspada. Membekali diri dengan materi mitigasi bencana merupakan hal yang wajib dilakukan. Pengetahuan ini akan membantu jika sewaktu-waktu dibutuhkan, setidaknya mampu mengurangi kerugian moril ataupun materil dari bencana alam.
Metode Siaga Bencana
Pengetahuan mengenai bencana alam telah disampaikan dengan menggunakan berbagai media seperti gambar, video maupun teks pendek. Beberapa murid terlihat bosan ketika menyaksikan video dari layar infocus, bahkan kehilangan kesabarannya saat mendengarkan ceramah dari guru. Sesekali mencuri-curi kesempatan saat guru lengah dengan keluar dari bangkunya atau mulai menggoda teman di sebelahnya.
Selain itu, metode penyampaian yang telah dilakukan masih belum memberikan dampak. Materi pun belum diserap sepenuhnya oleh murid kelas 2 sekolah dasar yang mayoritas memiliki gaya belajar kinestetik. Hal ini dibuktikan dengan tanya jawab mengenai hal hal yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam. Hanya beberapa murid yang mampu menjawab dengan baik, selebihnya menjawab tidak tahu, bingung. Salah seorang murid bahkan hanya mengatakan: “Kalau terjadi bencana, aku takut, tapi ga tahu harus bagaimana. Mungkin nangis aja.”
Penulis mencoba menyusun pembelajaran yang bisa diterima oleh murid dengan segala kondisi. Membuka kembali dokumentasi asesmen diagnostik yang telah dilakukan. Mencari inspirasi dari berbagai sumber dengan harapan bisa memberikan pembelajaran bermakna sehingga bisa diterapkan dalam keseharian. Metode belajar sambil bermain dirasa menjadi pilihan terbaik. Tanpa menggunakan media dan biaya.
Langkah awal yang dilakukan adalah memberikan informasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan, tujuan, serta langkah-langkah pembelajaran. Penulis memulai kegiatan dengan mengatakan bahwa ada informasi penting yang harus didengarkan oleh murid.
Perhatian mulai tertuju pada penyampaian instruksi karena murid merasa penasaran pada kegiatan yang akan dilakukan. Instruksi mengenai kegiatan disimak dengan baik. Murid kemudian saling berhadapan dengan teman untuk menyanyikan lagu sambil menari dengan lirik seperti ini. “Apa kabar, kita jumpa lagi. Senyum kanan senyum kiri kedipkan matamu ting-ting, tepuk ke kanan, tepuk ke kiri, berkeliling-berkeliling.”
Di Akhir lagu, penulis akan menyebutkan salah satu bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi, angin puting beliung dan sebagainya. Jika kata yang didengar adalah gempa bumi, maka murid akan keluar dari rumah menuju tanah lapang atau menjauhi bangunan.
Jika kata yang didengar adalah ‘banjir’, maka murid akan naik ke atas kursi sebagai pengganti tempat yang tinggi. Murid diberi kesempatan untuk minum disela-sela permainan karena kegiatan merupakan aktifitas fisik yang membuat para murid berkeringat. Begitu seterusnya sambil sesekali guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan pemantik mengenai hal-hal yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.
Metode belajar sambil bermain membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Murid terlihat riang gembira mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Tidak ada murid yang tertinggal, semua murid ikut terlibat dalam kegiatan. Murid dengan berbagai gaya belajar sama-sama mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Penulis melakukan refleksi pada bagian akhir kegiatan dengan memberikan beberapa pertanyaan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang diajukan: “Apa yang kalian rasakan saat mengikuti permainan mengenai bencana alam tadi?” Serempak para murid menjawab, “Senang, seru, bisa lari-lari”. Kemudian diberikan pertanyaan, “Jadi tahu apa yang harus dilakukan? Bagian apa yang paling disukai?”. Semua murid menjawab: “Semuanya!”. Selanjutnya, “Bagian apa yang kurang disukai?”. Mereka menjawab, “Tidak ada!” jawab para murid serentak.
Mayoritas murid mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal yang perlu dilakukan saat terjadi bencana dengan bahasa mereka. Hal ini membuat penulis merasa bahagia karena telah berhasil. Menyampaikan materi sambil bermain ternyata bisa diserap dengan baik oleh murid kelas 2 SD dibandingkan dengan mendengarkan ceramah dari guru.
Setelah kegiatan ini beberapa murid sering mengatakan ingin bermain lagi di kelas. Menagih kegiatan serupa yang membuat penulis harus memikirkan inovasi lain dalam pembelajaran.
Akhirnya, penulis berharap pengetahuan mengenai bencana alam ini dapat terserap dengan baik sehingga bisa bermanfaat suatu saat nanti. Kita semua turut prihatin dan berharap semoga kejadian serupa tidak terulang di masa yang akan datang.
Biodata penulis
Rusmiati, biasa dipanggil Mia, adalah seorang ibu rumah tangga yang juga seorang pendidik di SD Negeri Maroko. Kreator dengan nama chanel You Tube Nina yang Lucu. Guru penggerak angkatan 4 kabupaten Bandung Barat. Mulai menuliskan praktik baik pada platform Kompasiana dengan nama Rusmiati Kandi. Mia bisa dihubungi melalui media sosial Instagram: Rusmiati Kandi.
Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat