Notification

×

Arsip Blog

Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka, MKKS SR 04 Gelar Rakor Kepala Sekolah

Kamis, 26 Januari 2023 | 21.07 WIB Last Updated 2023-01-26T14:07:49Z

 

Ruang Berita- Musyawarh Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP sub rayon (SR) 04 menggelar rapat koordinasi kepala SMP. Kegiatan yang diikuti para kepala sekolah di lingkungan MKKS SR 04 tersebut, dilaksanakan di SMPN 1 Cihampelas, Kamis (26/1/23).

Ketua MKKS SR 04, Jaja, menyampaikan kegiatan di atas, selain musyawarah para kepala sekolah yang pertama sejak pihaknya dikukuhkan sebagai pengurus yang baru, juga merupakan ajang sosialisasi sejumlah program yang dicanangkan Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat (Disdik KBB).

Menurut Jaja, sebagai wadah komunikasi, MKKS SR 04 memiliki kewajiban untuk mendukung seluruh program Disdik KBB yang berkomitmen untuk peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di Kab.Bandung Barat. Sehingga, pihaknya memandang perlu untuk menyosialisasikannya.

"Rapat koordinasi yang kami gelar adalah untuk menyosialisasikan sejumlah program Dinas Pendidikan Kab.Bandung yang bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan pendidikan," uajrnya.

Lebih jauh disampaikan Jaja, semua sekolah di lingkungan Disdik KBB diharapkan dapat mengimplementasikan kebijakan pemerintah Kab.Bandung Barat yang merupakan turunan dari kebijakan pemerintah pusat, di antaranya implementasi Kurikulum Merdeka.

"Kami mengahrapkan semua satuan pendidikan di lingkungan Disdik KBB diharapkan dapat mengimplementasikan kebijakan pemerintah Kab.Bandung Barat yang merupakan turunan dari kebijakan pemerintah pusat, di antaranya implementasi Kurikulum Merdeka yang menurut rencana dicanangkan pada tahun pelajaran baru nanti," lanjutnya.

Ditambahkannya, dengan impelementasi Kurikulum Merdeka, maka semua sekolah harus menyiapkan segala sarana pendukungnya, seperti para guru yang didorong untuk meningkatkan kompetensinya melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan program-program yang bersentuhan dengan penerapan kurikulum tersebut.

Selanjutnya, pengurus MKKS SR 04 mengharapkan para kepala sekolah di wilayah kerjanya, untuk secara proaktif melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan yang dipimpinnya.

"Dalam menyikapi pelaksanaan Kurikulum Merdeka, semua sekolah harus menyiapkan segala sarana pendukungnya, seperti para guru yang didorong untuk meningkatkan kompetensinya melalui MGMP dan program-program yang bersentuhan dengan penerapan kurikulum tersebut," imbuhnya.

Kemudian, pengurus MKKS SR 04 mengharapkan para kepala sekolah di wilayah kerjanya, untuk aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan yang dipimpinnya.

"Diharapkan para kepala sekolah agar secara proaktif melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Darul Falah Cihampelas, Baehaqi mengungkapkan pihaknya sangat mendukung semua program yang berhubungan dengan peningkatan kompetensi guru. Menurutnya, Kurikulum Merdeka menuntut para guru untuk terus men-upgrade kemampuannya untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

Terlebih, masih menurut Baihaqi, seiring dengan program rekruitmen para guru PPPK yang umumnya fresh graduate, memerlukan adaptasi baru dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di sekolah yang mereka tempati.

"Kurikulum Merdeka menuntut para guru untuk terus men-upgrade kemampuannya untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Terlebih, seiring dengan program rekruitmen para guru PPPK yang umumnya fresh graduate. memerlukan adaptasi baru dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di sekolah yang mereka tempati. Untuk itu, revitalisasi MGMP sebagai wadah peningkatan kompetensi guru harus terus didorong kegiatannya," tandasnya. ***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

×
               
         
close