Notification

×

Arsip Blog

Readathon SMPN 2 Cikalongwetan Dimeriahkan Karya Siswa

Rabu, 18 Januari 2023 | 08.21 WIB Last Updated 2023-01-18T01:21:01Z

 

Ruang Berita- SMPN 2 Cikalongwetan menggelar readathon. Kegiatan tersebut dimerirahkan tampulan karya siswa, Selasa (17/1/23).

Kepala SMPN 2 Cikalongwetan, Endang Wahyu Widiasari, menyampaikan bahwa kegiatan readathon merupakan salah satu kegiatan yang memiliki tujuan untuk membangun budaya literasi, memotivasi gemar membaca, dan memupuk rasa percaya diri.

“Kegiatan readathon yang dilaksanakan di SMPN 2 Cikalongwetan bertujuan untuk membangun budaya literasi seluruh warga sekolah. selain itu juga untuk melatih kemampuan bernalar kritis, memotivasi untuk membaca buku  dan membangun kepercayaan diri untuk tampil di depan umum,” ungkapnya.

Disampaikan Endang, pihaknya merasa rasa bangga  ketika melihat siswa yang sudah percaya diri tampil di depan untuk menyampaikan hasil karyanya.

“Saya sangat senang melihat begitu antusiasnya siswa mengikuti kegiatan ini. Saya juga bangga melihat siswa selain membaca banyak pula yang berani tampil ke depan untuk menyampaikan hasil karyanya seperti membaca puisi dan pantun serta menceritakan kembali buku yang telah dibaca,” tambahnya.

Sementara itu, Andri Kurniawan selaku koordinator TMBB mengucapakan syukur dan apresiasi kepada peserta TMBB yang mampu memeriahkan kegiatan readathon dengan menampilkan karyanya.

“Alhamdulillah, kegiatan ini bisa diselengggarakan dengan istimewa karena dihadiri oleh Kepala sekolah baru, semua PTK dan siswa kelas 7, 8, dan 9. selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh peserta TMBB yang membacakan puisi dan pantun hasil karya sendiri, ada juga yang menyampaikan hasil reviewnya. Yang paling membanggakan adalah disaat peserta TMBB mampu membuat pantun dengan baik dan puisi yang sangat luar biasa dimana ada kata yang sangat menyentuh yaitu “kembalikan jendela duniaku,” ucapnya.

Disampaikan pula oleh Andri, manfaat mengikuti TMBB sangat dirasakan saat untuk kali pertama kali Kepala Sekolah menyampaikan hasil review ketika kegiatan readathon dilaksanakan.

“Dengan diselenggarakan kegiatan TMBB ini mampu mengeksplor kemampuan siswa, apalagi untuk pertama kalinya di SMPN 2 Cikalongwetan, Kepala Sekolah menyampaikan hasil review-nya, dan berbalas pantun di depan kami semua, sehingga menjadikan motivasi bagi guru dan siswa agar bisa lebih semangat membaca dan mengeksplor diri dalam hal literasi,” sambungnya.

Di sisi lain, walaupun pada awalnya peserta TMBB terlihat gugup, namun mereka senang dapat menampilkan karyanya di depan warga sekolah.

“Kami sangat senang bisa menampilkan karya kami di depan teman-teman, walaupun pada awalnya ada kegugupan melanda. Namun, semua itu berubah menjadi rasa bangga pada diri sendiri karena mampu menampilkan yang terbaik,” ungkapnya.*

Kontributor: Retno Gandaresmi Fitroh (SMP Negeri 2 Cikalongwetan)-Tim Peliput Berita SMP Negeri 2 Cikalongwetan--Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

 

×
               
         
close