Notification

×

Arsip Blog

SMPN 3 NGAMPRAH DAN UNJANI SOSIALISASIKAN PROGRAM KESEHATAN MENTAL SISWA

Sabtu, 14 Januari 2023 | 07.01 WIB Last Updated 2023-01-14T00:05:57Z

 



Ruang Berita- SMPN 3 Ngamprah menerima kunjungan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani). Kegiatan yang meupakan program Promosi Kesehatan Mental tersebut, menyosialisasikan materi yang relevan dengan perkembangan mental siswa, Kamis (12/1/23).

Kepala SMPN 3 Ngamprah, Mepi menyampaikan pihaknya menyambut baik kegiatan di atas. Menurutnya, sosialisasi tersebut sangat diperlukan bagi warga sekolah, terutama para siswa.  

"Kami menyambut baik program yang digelar para mahasiswa. Program tersebut sangat penting,  karena sangat relevan dengan tantangan yang dihadapi oleh siswa. Diharapkan siswa dapat belajar memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan pertemanan di sekolah, sehingga tidak terjadi dampak buruk dari hubungan pertemanan," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang mahsiswa yang menjadi pemateri, memaparkan bahwa relasi mengandung pengertian, cara dua orang atau lebih yang saling terhubung yang memiliki tingkat pengaruh tertentu terhadap pikiran, perasaan, dan perilaku satu sama lain.

Seperti diketahui, masih menurut pemateri, toxic friendship atau hubungan pertemanan yang tidak sehat memberikan dampak negative yang cenderung merugikan dan berbahaya bagi kesehartan mental seperti trauma, stress dan anxiety (kecemasan). Kondisi ini sering dialami oleh siswa dalam menjalankan hubungan pertemanan di sekolah.

Dipaparkannya juga, healthy friendship atau hubungan pertemanan yang sehat memberikan pengaruh positif dan menciptakan prilaku pertemanan yang baik seperti saling menghargai, perilaku jujur, terciptanya komunikasi yang baik dan saling percaya serta  saling mendukung antar teman.

Akhirnya, pemateri menandaskan bahwa agar tidak terjebak dalam dalam toxic friendship, maka diperlukan sejumlah tips menjadi teman yang baik, yaitu selalu rendah hati, don’t judge people by its cover, dan stop menjadi orang yang sok tahu, tulus dan jujur menjadi diri sendiri, ringan tangan dan komunikasi.

Kontributor: Samsul Buchori, S.Pd,. M.Pd  (PKS. Kurikulum SMPN 3 Ngamprah)-Pewarta/Editor:Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

 


×
               
         
close