Notification

×

Arsip Blog

SMPN 4 Ngamprah Gelar Pemilihan OSIS dan LDKO Berbasis Digital

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21.38 WIB Last Updated 2023-01-28T14:38:23Z

 

Ruang Berita- SMPN 4 Ngamrpah menggelar pemilihan pengurus OSIS dan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO). Kegiatan yang dilaksanakan melalui platform digital tersebut, bertujuan untuk mewujudkan generasi yang cerdas, kuat dan berkarakter di era Revolusi Industri 4.0, Sabtu (28/1/23).

Kepala SMPN 4 Ngamprah, Didin, dalam sambutannya menyampaikan keiatan di atas merupakan bekal bagi para pengurus OSIS baru untuk menjalankan organisasinya. Menurutnya, dengan program tersebut mereka mendapatkan materi kepemimpinan dan pengetahuan tentang kedisiplinan.

“Kegiatan LDKO ini merupakan bekal bagi para pengurus OSIS periode 2023-2024 untuk menjalankan kinerjanya ke depan, serta memberikan pengetahuan kepada para pengurus OSIS mengenai kepemimpinan, cara mengatur waktu serta banyak pengetahuan lainnya. Termasuk, tata tertib dan peraturan-peraturan sekolah yang nantinya harus berusaha diaplikasikan dan menjadi contoh atau teladan yang baik bagi siswa-siswi yang lainnya,” sambutnya.

Sementara itu,  Tuti Sugilestari selaku Wakasek Kesiswaan menambahkan bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan LDKO. Diharapkan program ini menjadi bekal bagi para pengurus OSIS baru.

“Alhamdulillah kegiatan LDKO berjalan dengan lancar seusai yang diharapkan. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dengan berbekal pelatihan dasar  yang telah mereka peroleh dari para pemateri, diharapkan dapat menjadi bekal bagi para pengurus OSIS dalam melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab serta dapat memberikan kontribusi terbaik tidak hanya bagi sekolah tapi juga bagi keluarga, masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” imbuhnya.

Di sisi lain, LDKO yang bertema Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter dan Berwawasan di Era 4.0, berisikan materi kepemimpinan (leadership)  dan manajemen waktu yang disampaikan oleh Annisa Amalia. Kemudian, materi kesekretariatan dan penyusunan program kerja oleh Ice Ventiningrat.

Selanjutnya, materi  tentang tata tertib sekolah dan peningkatan SDM disampaikan oleh Atri Tariningsih, materi wawasan kebangsaan oleh Chrisma Rosmeri, dan public speaking Tuti Sugilestari. Selain itu, diberikan juga sesi latihan peraturan baris berbaris (PBB) dasar, dan kegiatan lapangan yang bersifat outbond.

Di lain pihak, Pembina OSIS, Atri Tariningsih, memamparkan bahwa sebelum dilaksanakan LDKO, pihaknya menyelenggarakan rangkaian pemilihan pengurus OSIS sejak bulan lau. Semuanya, menggunakan platform digital, dan siswa terlihat antusias.

“Pemilihan OSIS secara digital memberikan antusias yang tinggi bagi para siswa untuk memilih," terangnya.

Dijelaskannya, para siswa menggunakan hak pilih dengan memanfaatkan sarana chome book yang dimiliki sekolah. Selanjutnya, rekapitulasi perolehan suara dihimpun dalam googleform.

Manfaat lain dari proses pemilihan secara digital ini adalah lebih mudahnya merekap hasil pemungutan suara karena kita tidak perlu menghitung secara manual, melainkan cukup melihat rekapitulasi otomatis dari aplikasi yang sudah tersedia," pungkasnya.

Kontributor: Annisa Amalia, S. Pd (SMPN 4 Ngamprah)-Pewarta: Nuni Fitriarosah-Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom TimPeliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

×
               
         
close