Notification

×

Arsip Blog

MEWUJUDKAN VISI SEKOLAH DENGAN "POT ASUH"

Rabu, 08 Februari 2023 | 18.44 WIB Last Updated 2023-02-26T15:07:15Z

 

Oleh: Hj. Eni Haerini, M.Pd

Sesuai dengan visi sekolah, yaitu: mewujudkan lulusan yang berprestasi, agamis, disiplin, mandiri, kolaboratif dalam lingkungan yang asri, SMPN 4 Cipeundeuy berusaha untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman bagi semua yang datang. Salah satu yang akan membuat nyamannya lingkungan pendidikan adalah keasrian yang memiliki makna lingkungan yang indah dan sedap dipandang mata. Oleh karena itu seluruh warga sekolah selalu diajak untuk menciptakan lingkungan yang resik dan rindang.

Sebagai upaya untuk membuat sekolah menjadi rindang, kini SMPN 4 Cipeundeuy memiliki program “POT ASUH”. Artinya pengadaan pot yang sudah ditanami dan disediakan oleh masing-masing warga sekolah, baik itu kepala sekolah, Tenaga Kependidikan, Guru maupun seluruh siswanya. Sesuai dengan makna tersurat dari kata asuh yang artinya “bimbing”, pot yang ditanami itu dipelihara setiap hari oleh pemiliknya agar bisa tumbuh subur dan kelak keberadaannya mampu membuat sekolah semakin hijau sehingga siapa pun yang datang ke SMPN 4 Cipeundeuy akan merasa senang karena pandangan yang tertuju pada keindahan tanaman-tanaman tersebut.

Pot Asuh siswa ditempatkan di depan kelas masing-masing, sedangkan pot asuh milik guru ditempatkan di sebuah tempat khusus yang dijadikan pajangan utama. Sementara itu pot asuh milik kepala sekolah dan tata usaha dipajangkan di meja ruangan kepala sekolah dan Tenaga Kependidikan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya membuat ruangan menjadi terlihat indah.

Sebagai bentuk upaya agar program Pot Asuh ini berjalan dengan baik, maka pengawasannya dibebankan kepada semua warga. Artinya, siapa pun berhak untuk saling mengingatkan jika ada pot yang belum disiram setiap harinya. Alhamdulillah dengan reservasi air yang memadai, SMPN 4 tidak akan mengalami kesulitan dalam hal ini sehingga tidak ada alasan untuk menyiramnya.

Jika program ini suatu saat dianggap berhasil, SMPN 4 Cipeundeuy akan mengembangkan program tersebut menjadi “Taman Asuh” sehingga mimpi kami menjadi sekolah Adiwiyata suatu saat akan terwujud. Namun terlepas dari cita-cita yang bagi kami boleh jadi dianggap muluk itu, sebenarnya tujuan utama dengan menyelenggarakan program Pot Asuh ini adalah menumbuhkan rasa tanggung jawab, mandiri, dan kolaboratif dalam setiap diri warga SMPN 4 Cipeundeuy sebagai upaya dalam mewujudkan visi sekolah yang sudah disebutkan tadi.

Penulis adalah Kepala SMPN 4 Cipendeuy Bandung Barat.
Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

×
               
         
close