Notification

×

Arsip Blog

SMPN 3 Lembang Gelar Mitigasi Bencana Gempa Bumi

Senin, 06 Februari 2023 | 19.59 WIB Last Updated 2023-02-06T12:59:22Z

 

Ruang Berita SMPN 3 Lembang dan para mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi INABA Bandung menggelar workshop Mitigasi Bencana. Kegiatan yang diikuti warga sekolah tersebut, dilaksanakan di Lapangan Upacara, Rabu (1/2/23).
 
Kepala SMPN 3 Lembang, Kusnadi mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan sebagai program pengabdian pada masyarakat oleh INABA Bandung di atas sebagai salah satu upaya pihaknya memberikan pembekalan kepada warga sekolah tentang pentingnya sikap prefentif menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.
 
Menurut Kusnadi, sebagai daerah yang berada di Patahan Lembang, semua pihak harus mengetahui mitigas bencana. 
 
"Sangat penting, bukan hanya untuk siswa, guru juga harus tahu tentang Mitigasi Becana. Kita kan tinggal di daerah patahan Lembang. Antisipasi harus ada, ya salah satunya kita harus tahu soal mitigasinya," ujarnya.
 
Lebih jauh disampaikannya, berada di daerah pegunungan, Lembang menjadi tempat yang banyak dikunjungi ketika liburan. Tempat tersebut menyajikan panoramik keindahan khas pegunungan, cuaca yang segar, suhu yang dingin, dan pepohonan yang rindang. Menjadikan Lembang, jadi tempat destinasi wisata. 

"Namun Lembang tidak hanya menyajikan soal keindahan saja, mengingat berada pada jalur patahan, menjadikan kita harus waspada akan bencana gempa bumi. Tidak hanya waspada, pengetahuan pun perlu ada dan dimiliki oleh kita, terutama oleh para siswa. Setidaknya dengan adanya pengetahuan, kita bisa mengurangi adanya resiko dari bencana. Pengetahuan tersebut umum kita sebut dengan mitigasi." sambungnya.

Sementara itu, para mahasiswa mempresentasikan materi tentang pentingnya mitigasi bencana. Selanjutnya, pemahaman tersebut harus ditanamkan sejak dini.
 
"Melalui sekolah sebagai media transformasi pengetahuan, tentu akan sangat efektif dan efisien jika pengetahuan ini bisa disampaikan," papar salah seorang masaiswa.
 
Di sisi lain, Kusnadi menandaskan pengalaman tentang workshop di atas, hendaknya didesiminasikan kepada masyarakat sekitar. Sehingga, semuanya dapat mengantisipasi kemungkinan bencana terjadi. 
 
Kontributor: Tsany Nurfajriani,S.Pd– SMPN 3 Lembang-Sumber Berita: H. Kusnadi, S.Pd.,M.M.Pd(Kepala SMPN 3 Lembang)-Pewarta/Editor: AdhyatnikaGeusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.
×
               
         
close