Notification

×

Arsip Blog

SMPN 3 Lembang Gelar Readathon

Minggu, 05 Februari 2023 | 09.02 WIB Last Updated 2023-02-06T17:19:32Z

 

Ruang Berita-Seluruh siswa bertepuk tangan saat Kusnadi, Kepala SMPN 3 Lembang, saat selesai menyampaikan review salah satu buku pada gelaran kegiatan literasi Readathon, Rabu (1/2/23).
Seperti diketahui, readathon tersebut rutin dilaksanakan setiap bulan pada hari Rabu di Minggu pertama dan kedua.  Selain, menyampaikan hasil review buku, kegiatan yang dihadiri oleh seluruh civitas akademis SMPN 3 Lembang juga melaksanakan kegiatan membaca senyap selama 42 menit secara bersamaan.
 
Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan piagam penghargaan kepada siswa yang terbanyak membaca buku. Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pemenang pohon Geulis dan pojok baca terkreatif.
 

Seluruh guru, seluruh murid, dan kepala sekolah bersamaan membaca buku. Buku yang dibaca juga bervariatif, ada novel, cerpen, ada juga yang membaca buku kumpulan puisi.

Kepala SMPN 3 Lembang, Kusnadi menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan penting dalam upaya meningkatkan kemampuan berfikir siswa.
 
"Tentu dengan membaca anak-anak bisa menambah ilmu pengetahuan, memperkaya bahasa, dan juga meningkatkan daya fikir mereka, karena dalam membaca ada proses berfikirnya. Jadi semakin siswa banyak membaca, maka akan memperluas cara pandangnya,"  tuturnya.
 
Sementara itu, Siti Rodiah selaku ketua Tim Literasi, mengungkapkan bahwa jenis buku yang dibaca pada kegiatan tersebut dibebaskan,.

"Iya, untuk buku yang dibaca itu bebas gimana sukanya aja, yang terpenting bukan buku pelajaran. Tapi kebanyakan yang dibaca oleh anak-anak itu buku-buku sastra, kaya puisi, cerpen, dan novel," ungkapnya.

Lebih jauh disampaikannya, kegiatan literasi tersebut tujuannya bukan hanya untuk jangka pendek saja, namun juga ada harapan yg besar untuk peserta didik dalam menjalani kehidupan mereka.
“Tujuan literasi jangka pendek adalah untuk memahami isi teks. Namun, kami berharap tujuan jangka panjangnya juga dapat dicapai yaitu agar siswa mampu meningkatkan imtek dan iptek, memiliki pandangan hidup, berwawasan luas, mandiri, tanggung jawab, dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya.” tandasnya. *

Kontributor: Tsany Nurfajriani,S.Pd - SMPN 3 Lembang-S
umber Berita: 
H. Kusnadi,S.Pd.,M.M.Pd.,Siti Rodiah, M.Pd -Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.
×
               
         
close