Notification

×

Arsip Blog

SMPN 3 CIPONGKOR GELAR WISATA LITERASI

Rabu, 15 Maret 2023 | 17.52 WIB Last Updated 2023-03-15T10:54:55Z


Ruang Berita-SMPN 3 Cipongkor melaksanakan kegiatan wisata literasi ke Lembah Curugan Gunung Putri. Kegiatan tersebut diikuti oleh guru pembimbing dan 24 siswa peserta Tantangan Membaca Bandung Barat (TMBB), Sabtu (11/3/23).

Kepala SMPN 3 Cipongkor, Rusdan, menyampaikan kegiatan di atas merupakan salah satu program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bagus untuk menguatkan minat baca dan menulis siswa.

"Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya agar siswa tidak merasa jenuh, siswa dapat lebih semangat membaca dan menulis di alam terbuka," ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Rusdan, wisata literasi erat kaitannya dengan edukasi. Hal tersebut dikarenakan, siswa bukan hanya sekedar rekreasi, namun mendapat manfaat berupa pengetahuan, wawasan serta dapat lebih produktif dalam menghasilkan sebuah karya.


Sementara itu, Harun selaku Fasilitator GLS Mekar KBB yang juga guru di SMPN 3 Cipongkor mengungkapkan bahwa wisata literasi ini bertujuan untuk memberi pengalaman literasi yang berkesan bagi peserta didik. Menurutnya,  selain dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa, mereka juga dapat menikmati pemandangan alam serta fasilitas yang ada di lembah curugan Gunung Putri, seperti kolam renang, terapi ikan, dan lain sebagainya.

"Setelah membaca buku bersama, guru dan siswa juga membuat karya tulis berupa puisi dan cerpen berdasarkan pengalamannya mengunjungi tempat wisata lembah curugan Gunung Putri," ungkapnya. Harun.

"Mari kita jadikan wisata literasi inisebagai ajang untuk meningkatkan kualitas Pendidikan," tandas Harun. 


Kontributor: Aas Nurhafipah, S.Pd (SMPN 3 Cipongkor) - Sumber Berita: Dr. H. Rusdan, S.Pd. S.H., M.M.Pd (Kepala SMPN 3 Cipongkor)-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun.

×
               
         
close