Notification

×

Arsip Blog

SMPN 2 PARONGPONG GELAR "PATURAY TINEUNG" SISWA KELAS IX

Jumat, 23 Juni 2023 | 11.31 WIB Last Updated 2023-06-23T04:33:09Z


RUANG BERITA- SMPN 2 Parongpong menggelar acara pelepasan kelas IX angkatan 2023/2024. Kegiatan yang dihadiri oleh pejabat pemerintahan dan Babinsa Ciwaruga, Pengawas Pembina serta  warga sekolah tersebut, dilaksanakan secara meriah namun khidmat, Rabu (14/6/23).


Kepala SMPN 2 Parongpong, Yeti Resmiati menyampaikan rasa syukur dan bangga atas prestasi baik akademik maupun non akademik yang diraih para lulusan, sehingga mereka dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Apresiasi disampaikan juga kepada para guru yang telah sukses mendidik dan berjuang mendampingi anak didiknya selama hingga lulus.



"Alhamdulillah saya mengucap syukur atas keberhasilan para lulusan. Keberhasilan peserta didik meupakan keberhasilan para pendidik yang dahsyat dalam mendidik dan mengajar. Oleh karena itu, tetaplah menjadi pendidik hebat. Karena dari pendidik yang hebat akan melahirkan peserta didik yang hebat dan kuat," ujarnya.



Lebih lanjut disampaikan Kepala Sekolah, acara perpisahan tahun ini bernuansa Pasundan yang bertema "Nu Dikantun Mulus Rahayu, Nu Miang Pinanggih Bagja", sebagai doá dan pengharapan dari seluruh warga sekolah. Dituturkannya, dengan tema Sunda yang diusung, acara perpisahan diisi oleh MC dengan menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Sunda dan bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan agar seluruh tamu yang hadir dalam kegiatan, menjadi terbiasa untuk mendengarkan dan berbicara dalam bahasa sunda meski dalam acara yang formal. 


"Kita yang hidup di Tanah Pasundan, jangan sampai merasa malu untuk berbicara dengan bahasa ibunya, yaitu bahasa Sunda," lanjutnya.


"SMPN 2 Parongpong sebagai salah satu lembaga pendidikan, harus terus memiliki konsistensi dalam mendidik generasi bangsa yang unggul. Di samping itu, bagi Kelas IX yang akan mengakhiri masa pendidikannya, diharapkan akan terus menggelar dan mengembangkan potensi dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya di tingkat yang lebih tinggi," tandas Yeti.


Sementara itu, Eva Marviana selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program tahunan sekolah. Setelah menuntaskan serangkain kegiatan akhir tahun, 100 persen siswa kelas IX lulus dengan capaian yang cukup memuaskan.


"Alhamdulillah seluruh peserta didik Angkatan ke-14 dapat lulus 100 % dari SMPN 2 Parongpong dan mengikuti prosesi kelulusan. 192 siswa dikalungkan medali tanda alumni oleh kepala sekolah serta wali kelasnya masing-masing," lapornya.




Disampaikannya juga, kegiatan di atas, kegiatan perpisahan  diwarnai dengan penuh rasa haru,  syahdu, namun penuh makna. Hal tersebut dikarenakan Kepala SMPN 2 Parongpong, akan memasuki masa purna tugas. Oleh karenaitu, Ketua Paguyuban secara simbolis menyerahkan cinderamata sebagai kenang-kenangan dan penghargaan kepadanya. demikian pula, perwakilan orang tua menyampaikan ucapan terimakasih yang tidak terhingha atas perjuangan dan dedikasi Kepala Sekolah dalam memajukan pendidikan dan prestasi yang diraih selama ini di SMPN 2 Parongpong.


DI sisi lain, Dadang Carmana, Kepala Desa Ciwaruga menyampaikan rasa bangganya atas capaian SMPN 2 Parongpong. Menurutnya, banyak alumni sekolah yang telah berhasil. Oleh karena itu pihaknyaterus mendukung program yang digulirkan sekolah.


"Selama 14 tahun berdiri. SMPN 2 Parongpong sudah meluluskan banyak alumni. Di antaranya ada yang menjadi tentara, polisi, dan pembisnis yang berhasil, yang memberikan kontribusi pada Desa Ciwaruga khusnya dan masyarakat luas pada umumnya," tuturnya.


Di lain pihak, Kepala Sekolah berpesan agar para lulusan terus meraih cita-cita, sehingga menjadi pribadi yang dapat membanggakan semua pihak.


"Kami titip kepada peserta didik agar tetap menjaga nama baik sekolah jika sudah masuk SMA/SMK. Semoga kalian menjadi anak- anak yang berprestasi di tingkat selanjutnya. Gapailah cita- cita setinggi langit dan bintang menuju masa depan gemilang dan cemerlang atas Rida Allah Swt. Aamiiin, tandasnya. ***


Kontributor: Tim Literasi SMPN 2 Parongpong- Sumber Berita: Dra. Hj. Yeti Resmiati, M.M (Kepala SMPN 2 Parongpong)-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun.










×
               
         
close