Notification

×

Arsip Blog

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY

Jumat, 27 Oktober 2023 | 14.33 WIB Last Updated 2023-10-27T07:33:58Z

  


Oleh: Hj. Eni Haerini, M.Pd
(Kepala SMPN 4 Cipeundeuy)

 

Program peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dapat dicapai apabila kegiatan pembelajaran di kelas berlangsung aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan. Guru sebagai pelaksana terdepan pendidikan anak-anak di sekolah, untuk senantiasa membuka diri secara sadar selalu meningkatkan kemampuannya dalam kegiatan belajar mengajar. Di  SMPN 4 Cipeundeuy program peningkatan kualitas pembelajaran ini dilakukan melalui supervisi.

 

Supervisi yang  dimaksud adalah pembinaan yang diberikan kepada seluruh guru agar mereka dapat meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang baik dan professional. Khusus untuk tahun pelajaran 2022/2023 supervisi di SMPN 4 Cipeundeuy dilakukan dengan pola  Lesson Study.

 

Seperti diketahui, Lesson Study adalah model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif & berkesinambungan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning  untuk membangun komunitas belajar.

 

Pelaksanaan Lesson Study ini dilakukan dalam tiga tahap sehingga pelaksanaannya melalui tiga tahap, yaitu perencanaan(plan), pelaksanaan(do), dan refleksi(see).

 

Supervisi  dengan menggunakan pola lesson study ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan guru dalam menciptakan pembelajaran yang optimal. Guru yang nilai supervisi di semester sebelumnya  kurang menjadi baik dan yang sudah baik menjadi semakin baik. Hal ini pasti terjadi karena di dalam pelaksanaan lesson study semua guru dapat meniru apa pun yang baik yang dilakukan oleh guru model.

 

Selain itu, dalam refleksi akan banyak masukan dari rekan rekannya mengenai siswa siswi yang kesulitan dalam belajar sehingga saat melakukan pembelajaran sendiri sudah dapat mengatasi masalah-masalah yang muncul dan mencarikan solusi.

 

Pada supervisi dengan pola seperti itu dapat melengkapi administrasi sekolah terkait pelaksanaan refleksi hasil belajar, serta pemberian umpan baik bagi guru dari siswa, guru, dan kepala sekolah. Bahkan, ketika SMPN 4 Cipeundeuy menghadirkan salah satu orang tua siswa dalam open lesson, ada perasaan puas dari orang tua tersebut dengan mengatakan bahwa guru dan fasilitas sekolah sangat memadai sehingga beliau merasa bahagia menyekolahkan anaknya di SMPN 4 Cipeundeuy.

 

Selain itu berita acara dan daftar hadir dari supervisi ataupun refleksi hasil pembelajaran dapat diwujudkan dengan mudah.

 

Supervisi ditunjukan kepada situasi belajar mengajar yang memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan secara optimal. Sasaran supervisi adalah:

a. Pelaksanaan KBM

b.Hal-hal yang menunjang terhadap pelaksanaan KBM seperti pengelolaan kelas, pengelolaan sekolah, pengelolaan administrasi, pengelolaan bimbingan, kebersihan, ketertiban, pelaksanaan ekstrakulikuler seperti UKS, Pramuka dan lain-lainnya. *




 



×
               
         
close