Notification

×

Arsip Blog

“Jumat Ibadah” sebagai Wujud Analisis Raport Pendidikan

Minggu, 12 Februari 2023 | 00.38 WIB Last Updated 2023-02-20T15:31:51Z

 


Oleh: Hj. Eni Haerini, M.Pd

Menilik tujuan pendidikan nasional kita yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta memiliki budi pekerti yang luhu”r, SMPN 4 Cipeundeuy memiliki program pembiasaan keagamaan “Jumat Ibadah”. Yaitu sebuah program pembinaan terhadap siswa berupa sholat duha, membaca Al-qur’an beserta tajwidnya yang dilakukan bersama-sama.

Jumat ibadah ini dilaksanakan setiap hari Jumat di lapangan upacara SMPN 4 Cipeundeuy. Kegiatan yang dibimbing oleh satu-satunya guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang ada ini dimulai pada pukul 07.00 sampai dengan 07.30. Masing-masing siswa diminta untuk melakukan wudu dari rumahnya masing-masing agar sampai di sekolah tinggal melaksanakan ibadahnya. Mereka pun diminta membawa peralatan sholat masing-masing. Walaupun begitu, untuk mengantisipasi ada yang lupa membawanya, di sekolah telah disedikan sejumlah sarung, mukena, al-qur’an, dan sajadah. Begitu juga dengan wudu. Jika mereka di perjalanan menuju sekolah batal, pihak sekolah telah menyediakan sarana tempat mereka berwudu.

Sebagai bentuk pemberian contoh kepada siswa, dalam pelaksanaannya kepala sekolah selalu menemani seluruh siswa sebagai makmum sehingga akhirnya banyak guru yang tergerak untuk mengikutinya juga. Hal ini membuat siswa menjadi bersemangat untuk selalu melakukan “Jumat Ibadah”. Alhamdulillah para siswi yang tengah datang bulan pun tetap duduk bersama di lapangan walaupun hanya mendengarkan. Tentu saja mereka melakukannya hanya sekadar untuk mendapatkan pahala dari Allah sebagai Tuhannya dan bukan merupakan keterpaksaan karena tidak ada sanksi bagi siswa siswi yang tidak mengikuti kegiatan tersebut.

Mengingat waktu yang sangat terbatas karena harus melaksanakan pembelajaran pada pikul 07.30, salat Duhanya hanya dua rakaat sehingga masih dapat membaca Al-qur’an dan membahas tajwidnya dengan detail. Surat yang dibaca dan dibahas tajwidnya itu berkesinambungan. Artinya surat yang dibaca dan dibahas tajwidnya itu pada jumat minggu ini melanjutkan ‘hanca’ Jumat sebelumnya.

Selain selaras dengan tujuan pendidikan nasional, Jumat Ibadah ini terselenggara berdasarkan hasil analisis raport pendidikan sebagai upaya dalam mewujudkan visi dan misi sekolah yang berada di Kabupaten Bandung Barat paling barat ini. Melalui program pembiasaan ini siswa diharapkan mampu menjadi pribadi yang terbiasa mandiri dalam melakukan ibadah kepada khaliknya sehingga lambat laun pola pikir serta tindak tanduk mereka menjadi agamis.

Penulis adalah Kepala SMPN 4 Cipeundeuy.

 

×
               
         
close