Notification

×

Arsip Blog

Kecamatan Cisarua Pionir Lomba Bakat Minat dan Kreativitas Siswa Tingkat Kecamatan Tahun 2023

Senin, 20 Februari 2023 | 17.42 WIB Last Updated 2023-02-20T10:43:55Z

 




Sejumlah SD Negeri/Swasta di lingkup Kecamatan Cisarua di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat menyelengarakan lomba minat bakat dan kreativitas siswa untuk Tahun 2023. Diawali dengan Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang Sekolah Dasar bertempat di SD Pameungpeuk Kecamatan Cisarua.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, Asep Dendih, S.Pd. M.M melalui Kepala Bidang Pembinaan SD, Drs. Wawan Hernawan dan Analis Kebijakan Kesiswaan SD, Popi Siti Ichsanniaty, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa lomba bakat minat dan kreativitas siswa memberikan wadah untuk berprestasi dengan menampilkan pengetahuan dalam berbagai bidang baik akademik maupun non akademik di SD dalam pengembangan diri sehingga meningkatkan mutu pendidikan.

Lomba Bakat Minat dan Kreativitas Siswa Tahun 2023 merupakan ajang talenta untuk menorehkan prestasi baik di tk. kecamatan yang akan berlanjut ke tk. kabupaten, tk. provinsi  maupun nasional. Setelah selama 3 tahun lebih perlombaan diselenggarakan secara daring karena merebaknya fenomena covid 19. Namun, Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat sejak tahun 2022 telah menginisiasi perlombaan diselenggarakan secara luring karena banyaknya bakat-bakat terpendam yang tidak dapat dinilai secara utuh karena pengaruh signal yang kurang baik apabila diselenggarakan secara daring.  Hal  ini terbukti Kabupaten Bandung Barat dapat mengukir prestasi di tingkat Nasional sebagai Juara Membaca Sajak tingkat nasional di ajang Festival tunas bahasa Ibu tahun 2022.

Pengawas Kecamatan Cisarua, Drs.Asep Cahrodin,M.Si melalui Kepala Sekolah SDN Pameungpeuk Cisarua Engkos Suhendra, S.Pd menuturkan peserta didik perwakilan dari kecamatan Cisarua dapat menjuarai pantomim tingkat nasional di tahun yang sama yang berasal dari SD Kecamatan Cisarua. Pada ajang FTBI tahun 2022 pun siswa di kecamatan cisarua menjadi juara dalam lomba FTBI tingkat Kabupaten yaitu; lomba pupuh; Muhamad Hizra Maulana (Pa) dan Niki Putri apriliani (Pi) dari SDN 2 Pasirlangu.

Mudah-mudahan prestasi ini dapat membawa harum nama Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat ke ajang tingkat Nasional dan bisa menjadi motivasi peserta didik dalam menumbuhkembangkan bakat dan minatnya. Sejatinya prestasi akademik dapat diimbangi juga dengan talenta dan kreativitas.

Kontributor: Popi Siti Ichsanniaty, S.Pd., M.Pd (Analis Kebijakan Sub Koordinator Kesiswaan SD Disdik Kab. Bandung Barat)

 

×
               
         
close