Notification

×

Arsip Blog

Penumbuhan Budi Pekerti Siswa di SMPN 2 Lembang

Selasa, 11 April 2023 | 21.56 WIB Last Updated 2023-04-11T14:59:05Z

 



Ruang Berita-SMPN 2 Lembang kembali menyelenggarakan kegiatan Sanlat Ramadhan 1444 H bagi seluruh siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan budi pekerti baik pada siswa, Rabu (5/4/23).

Kepala SMPN 2 Lembang, Beben Kadar Solihat, menyampaikan tujuan dan harapan yang harus didapatkan anak-anak setelah Sanlat selesai. Hal itu disampaikannya pada saat pembukaan Sanlat di hari pertama.

Beben berharap agar para siswa mampu menerima materi Sanlat dengan baik. Sehingga nantinya bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pihaknya berharap agar anak-anak tidak main-main saat melaksanakan Sanlat. Karena membaca Al Quran serta adab berhubungan dengan sesama manusia merupaka kunci utama dalam kehidupan sehari-hari.

“Alhamdulliah kegiatan bagus akan segera dilakukan oleh siswa semua. Saya berharap materi yang akan disampaikan oleh pemateri bisa diterima dengan baik. Jangan hanya menggugurkan kewajiban karena ingin mendapakan nilai dari salah satu mata pelajaran saja. Tetapi harus betul-betul dipelajari karena semua materinya sangat berguna bagi kita,” ujarnya.





Selain itu Kepala Sekolah pun menitipkan pesan kepada pemateri agar saat penyampaian kepada siswa menggunakan pendekatan yang menyenangkan. Ini diharapkan bisa membantu anak-anak dalam mengesampingkan rasa malas dan ngantuk karena suasana shaum.

“Untuk para pemateri, saya berharap gunakan cara yang menyenangkan bagi anak. Jangan membuat  suasana Sanlat menjadi membosanan. Hal ini dikarenakan situasi anak yang sedang riskan. Mereka sedang lapar dan ngantuk. Jadi mesti betul-betul dibuat senyaman mungkin,”terangnya.

Di sisi lain, Ketua Panitia Sanlat, Mamat Rohimat menyampaikan harapannya agar para wali kelas bisa berperan aktif. Beliau berharap setiap anak asuhnya sedang melaksanakan kegiatan, maka para wali kelas harus menemani. Hal ini agar anak-anak menjadi semangat karena diperhatikan oleh wali kelasnya.

“Saya selaku Ketua Panitia berharap agar para wali kelas selalu mendampingi anaknya saat melaksanakan kegiatan. Jangan hanya menyuruh saja. Tetapi temani anak-anak, agar anak-anak semangat. Anak-anak biasanya akan semangat kalau emak atau bapaknya ngeliat kegiatan yang dilakukan,”tegasnya.

Dijelaskannya, Sanlat untuk tahun ini diadakan secara terpisah antar tingkat kelas. Dimulai dari tanggal 5 sd 13 April 20123. Ini dilakukan agar penerapan materi terhadap siswa dapat terserap dengan baik. Untuk Rabu dan Kamis merupakan Sanlat untuk kelas 7. Sedangkan Senin dan Selasa giliran kelas 8 yang mengikuti Sanlat. Bagi kelas 9 mengikuti Sanlat pada Hari Rabu dan Kamis. 

Selain itu, para wali kelas menjadi lebih paham dengan keadaan anak asuhnya. Mereka akan mengetahui siswa yang sudah bisa membaca Al Quran dan yang belum. Sehingga setelah sanlat akan ada umpan balik bagi para wali kelas.

“Jadi selain memberikan semangat saat Sanlat. Para wali kelas jadi tau keadaan anak asuhnya. Siapa yang sudah bisa baca Al Quran dan siapa yang belum. Nanti setelah kegiatan Sanlat selesai bisa dicari cara terbaik bagi wali kelas untuk mengajak anak belajar mengaji. Jangan hanya guru agama saja yang nyuruh ngaji,”tandasnya.

Panitia berharap semoga kegiatan Sanlat tahun ini bisa membuka mata dan pikiran kita tentang masalah membaca Al Quran. Setelah itu bisa mencari solusi bagi anak-anak yang buta huruf Al Quran. Semoga pula sikap dan ahlak anak-anak menjadi lebih baik lagi.

“Semoga saja setelah Sanlat tahun ini, kita bisa mengetahui siswa yang buta huruf Al Quran. Setalah itu, saya berharap pihak sekolah mencari solusi terbaik bagi anak-anak agar mau belajar membaca Al Quran. Berharap pula setelah kegiatan ini, sikap dan akhlak anak-anak semakin baik aamiin,”pungkasnya.

Kontributor: Pupu Pujiati S.Pd.-Sumber Berita: Beben Kadar Solihat S.Pd. MM (Kepala SMPN 2 Lembang), Mamat Rohimat S.Ag.

×
               
         
close