Notification

×

Arsip Blog

Tarhib Ramadan SMP Negeri 1 Lembang

Minggu, 09 April 2023 | 21.35 WIB Last Updated 2023-04-15T08:10:21Z

 



Ruang Berita- SMP Negeri 1 Lembang mendatangkan tim Kawan Ukhuwah  yang ke tiga kalinya dalam rangka menyelenggarakan Tarhib Ramadhan 1444 H. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh warga sekolah tersebut diadakan pada Senin (20/3/23). 

Kepala SMP Negeri 1 Lembang, Ai Nurahayati, menyampaikan bahwa acara di atas pertama kali  diselenggarakan sejak ditempatkan di sekolah tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat bagus sesuai dengan kebutuhan kaum milenial. Selain dakwah, acara ini juga diselingi dengan lagu yang dibawakan oleh Teh Desi, Alan dan Irfan Ilusi Band yang membuat anak-anak bahagia dan tertarik untuk mendengarkan dakwah.

"Alhamdulillah, ibu baru pertama kali mengikuti kegiatan ini setelah rotasi kepala sekolah di bulan Januari. Kegiatan ini sangat bagus sesuai dengan kebutuhan kaum milenial. Ada dakwah dan diselingi lagu yang membuat anak-anak bahagia mengikuti kegiatan ini," ujarnya.

Lebih jauh disampaikannya, untuk kawan ukhuwah lebih sering mengadakan acara dakwah khususnya untuk anak-anak muda agar mendapatkan bimbingan ketika mencari jati diri.

"Pesan untuk kawan Ukhuwah, sering mengadakan acara dakwah agar anak-anak muda mendapatkan bimbingan dari kita dalam mencari jati diri. Dengan seringnya mengikuti acara dakwah diharapkan dapat termotivasi berbuat kebaikan," terangnya. 

Setelah acara dibuka, Indra Budiadji selaku kesiswaan memberikan pengumuman terkait dengan kejuaraan, seperti perlombaan yang diadakan oleh SMP Nurul Fikri dan pengumuman Pentas PAI SR 01.

Di sisi lain, salah satu guru PAI, Yayah Syamsiah menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Isra Mi'raj sekaligus untuk menyambut bulan suci ramadan.

"Tujuan dilasanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka menyambut bulan suci ramadan, serta sekaligus memperingati isra mi'raj. Walaupun isra mi'raj sudah lewat, namun tidak ada kata terlambat untuk merayakannya," ucap Ibu Yayah Syamsiah yang juga merupakan perwakilan dari TIM Religius Culture BANGJI.

Selain itu, dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat membawa dampak yang positif bagi para siswa BANGJI. Di antaranya dapat membawa dampak pendidikan karakter melalui sopan santun berbicara dan sikap bakti anak kepada orang tua dengan cara mendoakannya. Setelah selesai acara, seluruh Guru dan siswa mengadakan muhasabah. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan semoga kita mendapatkan keberkahan di bulan suci Ramadhan. 

"Alhamdulillah, setelah diselenggarakan kegiatan ini dengan disampaikannya tausiyah dari Ust. Zet ada perubahan yang terjadi pada siswa meskipun sedikit dan tidak sekaligus. Seperti ketika sebelum ada kegiatan ini ucapan dari siswa kurang santun, setelah mengikuti kegiatan menjadi lebih santun dalam berbicaranya dan lebih sopan dalam sikapnya. Serta para siswa pun ketika mendoakan orang tua, mereka mengikuti dengan khusyu sebagai tanda bakti kepada orang tuanya," tandasnya.


Kontributor: Siyuna-Sumber Berita : Hj. Ai Nurhayati, M.Pd. dan Dra. Yayah Syamsiah-Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun.

×
               
         
close