Notification

×

Arsip Blog

SERAH TERIMA TANGGUNG JAWAB MELALUI PELEPASAN SISWA KELAS IX SMPN 4 CIPEUNDEUY

Senin, 29 Mei 2023 | 20.39 WIB Last Updated 2023-05-29T13:45:57Z

 



Oleh: Hj Eni Haerini, M.Pd.

Pada akhir tahun setelah siswa selesai menempuh pendidikan di kelas IX tentunya harus dilakukan acara penyerahan kembali tanggung jawab kepada orang tua walaupun acara berlangsung sederhana. Kegiatan tersebut, juga selalu dilaksanakan oleh SMPN 4 Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat yang pada tahun pelajaran 2022-2023 ini dilaksanakan pada Kamis (25/5/23) dengan disaksikan langsung oleh Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Disdik KBB, Acon Supriatna, S.Pd., M.Ap., Kepala Desa, BABINSA, BINMAS, Para kepala sekolah SD terdekat, Ketua RW, Ketua RT, serta beberapa kepala SMP di wilayah sekitar.

Kegiatan dilaksanakan dengan penuh hidmat dan haru karena kegiatan seremonial diakhiri dengan pelaksanaan upacara adat yang ratu serta rajanya dipilh dari siswa dan siswi yang memiliki nilai tertinggi dalam kegiatan PSAS. Kegiatan yang dilaksanakan tepat pukul 08.00 itu dimeriahkan oleh berbagai penampilan seni seperti pencak silat, rampak jaipongan, nyanyi solo, paduan suara, puisi, dan sumbangan lagu dari kepala sekolah, guru, siswa, maupun orant tua siswa.



Kegiatan pelepasan siswa kelas IX ini merupakan simbol bahwa tanggung jawab terhadap perilaku siswa setelah siswa dilepas ada pada pundak orang tua lagi sehingga orang tua harus lebih mengawasi anaknya jika bepergian ke luar rumah. Hal ini berarti beban tanggung jawab guru terhadap siswa semakin berkurang. Simbol kegiatan pelepasan ini dilakukan oleh kepala sekolah berupa penyerahan data siswa kepada pihak komite sekolah dengan sepatah dua patah kata dari kedua belah pihak. 

Dalam sambutannya, penulis selaku kepala sekolah menyampaikan kepada orang tua siswa agar bersyukur menerima siswa dalam kondisi apa pun agar nikmatnya ditambah sesuai firman Allah. 

Di lain pihak kepada siswa kepala sekolah berpesan agar menjalankan sholat yang Lima waktu agar diberi kehidupan yang layak selama hidup di dunia sehingga apa yang dicita-citakan mudah untuk didapatkan. *

Penulis adalah Kepala SMPN 4 Cipeundeuy Kab.Bandung Barat.





×
               
         
close