Notification

×

Arsip Blog

SMPN 1 LEMBANG PIONIR PERGELARAN SENDRATARI DI BANDUNG BARAT

Selasa, 30 Mei 2023 | 17.23 WIB Last Updated 2023-05-30T10:25:06Z

 



RUANG BERITA-SMPN 1 Lembang menjadi pionir di Bandung Barat dalam penyelenggaraan pergelaran drama tari tingkat SMP dengan judul "Silalatu Gunung Gede"  yang disutradarai oleh Indra Budiaji bersama pelatih Ka Indra dan Wahyu (Uway). Pergelaran tersebut diselenggarakan sebagai pembuka diterapkannya Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran kolaborasi antar mata pelajaran, dilaksanakan di gedung BHHH2 Lembang Bandung Barat, Minggu (28/5/23).

Aktor beserta kru yang terlibat merupakan siswa dari kelas 8 dalam rangka ujian praktik kolaborasi antara empat mata pelajaran, yaitu  Seni Budaya, Bahasa Indonesia, PKN dan IPS. Selanjutnya pembagian aktor sebagai centeng, VOC, prajurit Mataram, rakyat, serta tarian Badaya, topeng, juga tarian merak. Sedangkan tim manajemen berperan mengatur di belakang layar. Mulai dari kostum, properti, tata rias, dan dokumentasi.

Indra Budiaji, selaku sutradara dan guru Seni Budaya mengungkapkan pergelaran di atas merupakan pagelaran terbesar pertama yang dilaksanakan setelah enam tahun. Sehingga, kegiatan tersebut mengundang antusias para orang tua, alumni, dan warga sekolah, ditandai dengan habisnya 900 tiket.

"Alhamdulillah pagelaran ini bisa terlaksana dengan baik, meskipun pada awal rencana akan diadakan di Taman Budaya, Dago Tea House. Namun dikarenakan satu dan lain hal, kita bisa melaksanakan di Lembang yang lebih dekat dengan domisili anak-anak," tuturnya.

Indra pun menyampaikan tidak menyangka pagelaran akan semegah ini. "Saya tidak menyangka pagelaran akan semegah ini. Ternyata para siswa mampu belajar bekerja sama dalam tim dan menampilkan akting dengan bagus menjiwai peran masing-masing," ujarnya.

Pementasan drama digelar dalam 2 sesi. Sesi 1 merupakan penampilan dari kelas 8A-8E dimulai pukul 09.00 WIB, sedangkan sesi 2 penampilan dari kelas 8F-8J dimulai pukul 13.00 WIB.
Pagelaran drama ini telah dipersiapkan sekitar 3 bulan, namun para siswa baru memulai latihan secara maksimal dengan durasi waktu 3 minggu. Hal tersebut tidak membuat semangat siswa surut, mereka pantang menyerah dalam proses latihan meskipun begitu menguras tenaga dan waktu.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Lembang, Ai Nurhayati memberikan apresiasi atas gelaran drama tari yang menceritakan kisah perjuangan Prawatasari melawan tentara VOC.

"Tidak ada kata yang bisa Ibu ucapkan selain kata keren dan bagus untuk penampilan siswa BANGJI. Alhamdulillah BANGJI menjadi sekolah pelopor dalam menyelenggarakan pagelaran drama tari tingkat SMP di KBB," ujarnya.

Ai Nurhayati juga menyampaikan, pagelaran ini sangat bermanfaat sebagai wadah pengembangan kreativitas serta menggali potensi dan bakat tiap anak. Juga dengan adanya latihan yang berkontinu, para siswa lebih bisa mengatur waktu penggunaan gawai.

"Saya bangga anak-anak bisa menunjukkan bakat dan kreativitasnya, juga mereka bisa meminimalisir penggunaan gawai," tuturnya.

Sebagai penutup, Ai Nurhayati menyampaikan ucapan terima kasih kepada siswa serta wali kelas, guru, dan orang tua yang telah mendukung acara ini sehingga bisa berlajan dengan baik.

"Selain itu, tidak lupa Ibu ucapkan terima kasih kepada wali kelas, guru, orang tua, dan komite sekolah atas dukungan dan kerja sama yang luar biasa sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik. Serta Ibu ucapkan terima kasih juga kepada anak-anak kelas 8A-8J, dengan hebatnya menampilkan pementasan yang begitu bagus dan keren. Seperti para aktor yang memiliki emosi kuat pada saat beradu akting," tandasnya.

Di akhir acara, semua penonton memberikan apresiasi berupa standing applause dan pemberian buket bunga kepada aktor sebagai bentuk reward karena telah menampilkan pagelaran yang luar biasa bagus. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membuat dampak positif bagi siswa untuk melatih kreativitas dalam menyalurkan bakatnya. ***

Kontributor: Susi S., M.Pd. & Tina G., S.Pd-Sumber Berita: Ai Nurhayati, M.Pd. & Indra Budiaji, M.Pd.-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun.




×
               
         
close