Notification

×

Arsip Blog

PARADIGMA DAN VISI GURU PENGGERAK

Kamis, 22 Juni 2023 | 11.05 WIB Last Updated 2023-06-22T04:06:34Z

 



Oleh: U. Yayan Budiyana, M.Pd

Momen yang paling penting dan sangat menantang sehingga mencerahkan bagi Penulis dalam proses pembelajaran modul 1.1 hingga 1.2 ini adalah ketika Penulis banyak diskusi dan eksplorasi konsep baik dengan instruktur, fasilitator, pengajar praktek dan teman teman CGP, itu menjadi momen yang sangat berharga bagi Penulis untuk berbagi ilmu, untuk berbagi dan sukses bersama (sharing and growing together,) banyak ilmu yang Penulis peroleh disana ketika Penulis banyak diskusi kolaboratif dengan teman-teman untuk mengerjakan tugas secara kelompok, disana lahirlah ide-ide baru yang sangat subtansial untuk kemajuan pendidikan sesuai yang diajarkan KHD yaitu berpihak pada murid, reflektif, mandiri, kolaboratif serta inovatif.

Banyak ide ide brilian dari teman teman khususnya dalam elaborasi pemahaman, kami saling menggali pemikiran baik dalam bentuk teks atau dalam diskusi virtual untuk penyusunan tugas ruang kolaborasi dalam demonstrasi kontekstual, disitulah muncul ide-ide baru hasil dari brainstorming kelompok kami dengan membuat sebuah rancangan kegiatan tentang peran dan nilai guru penggerak. Dari rancangan tersebut kami menyepakati program literasi yang berpihak pada murid, yaitu dengan mengimplementasikan menulis kolaborasi khususnya di kelompok kami.

Kegiatan pembelajaran berikutnya pada modul 1.2 adalah Eksplorasi Konsep. Pada bagian ini, CGP menyimak video Identitas Gunung Es, Eskalator dan Cara Kerja Otak, dan membaca bahan bacaan tentang Profil Pelajar Pancasila, Peran Guru Penggerak, serta nilai-nilai Guru Penggerak. CGP juga menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang nilai dan peran Guru Penggerak. Adapun peran seorang guru penggerak itu sendiri yaitu:

1.            Menjadi pemimpin pembelajar

2.            Menggerakkan komunitas praktisi

3.            Menjadi coach bagi guru lain

4.            Mendorong kolaborasi antar guru, serta

5.            Mewujudkan kepemimpinan murid

Melihat peranan di atas, nilai sangat penting dalam kehidupan tingkah laku sehari-hari, maka rasanya penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak. Kelima nilai dari Guru Penggerak adalah:

1.            Mandiri

2.            Reflektif

3.            Kolaboratif

4.            Inovatif

5.            Berpihak pada Murid

Sebelum mengikuti guru penggerak Penulis merasa pendidikan guru penggerak ini seperti diklat-diklat biasa yang sering diselenggarkan secara rutin, tapi ini sangat berbeda , Penulis banyak sekali ilmu ilmu baru disini terutama dari instruktur, fasilitator, pengajar praktek dan teman teman CGP. Disini Penulis banyak berdiskusi, refleksi bahkan kontemplasi tentang bagaimana pengajaran yang betul betul berpihak pada siswa sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman

Ketika Penulis masuk ke modul 1.2 ini betul- betul pikiran Penulis banyak tercerahkan khsususnya dalam peran Penulis sebagai seorang guru penggerak itu sendiri yaitu: pemimpin pembelajar menggerakkan komunitas praktisi menjadi coach bagi guru lain mendorong kolaborasi antar guru, serta mewujudkan kepemimpinan murid, modul 11. Dan lanjutannya modul 1.2 ini sangat mencerahkan bagi Penulis yang Alhamdulillah ditempatkan di sekolah paling daerah di Kabupaten Bandung barat. Ini akan menjadi tantangan tebesar Penulis sebagai CGP untuk siap dengan berbagai aksi nyata untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif , inovatif dan reflektif

Mengenai hubungan Profil Pelajar Pancasila dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak. Adapun peran seorang guru penggerak itu sendiri yaitu:

1.    Menjadi pemimpin pembelajar

2.    Menggerakkan komunitas praktisi

3.    Menjadi coach bagi guru lain

4.    Mendorong kolaborasi antar guru, serta

5.    Mewujudkan kepemimpinan murid

Melihat peranan di atas, nilai sangat penting dalam kehidupan tingkah laku sehari-hari, maka rasanya penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak. Kelima nilai dari Guru Penggerak adalah:

1.        Mandiri

2.        Reflektif

3.        Kolaboratif

4.        Inovatif

5.        Berpihak pada Murid

 

                Sementara itu, dalam upaya mewujudkan Profi Pelajar Pancasila, Penulis  merasa terpanggil untuk dapat berkomitmen         dan bertanggung jawab untuk mewujudkannya. Meskipun secara praktik telah melaksanakan peran sebagai pembimbing dalam menigimplementasikan dimensi-dimensinya, namun belum sepenuhnya maksimal.

Penulis akan terus berinovasi dengan banyak refleksi dengan pimpinan, teman sejawat dan dengan siswa juga, refeleksi ini sebagai evaluasi pembelajaran yang Penulis terapkan di kelas, refleksi ini juga akan melihat Penulis sebagai CGP yang sudah belajar dua modul ini, apakah Penulis sudah bisa menerapkannya atau tidak? Penulis akan beraksi untuk menerapkan  peran seorang guru penggerak itu sendiri yaitu: Menjadi pemimpin pembelajar, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain,mendorong kolaborasi antar guru, serta mewujudkan kepemimpinan murid, dan muara dari itu semua untuk meningaktkan prestasi akademik dan non akademik siswa dan yang tidak kalah penting yaitu adanya motivasi belajar yang tinggi dan memiliki karakter yang unggul. ***

Dari berbagai sumber.


Profil Penulis.

U. Yayan Budiyana M.Pd, lahir di Bandung 10 Maret 1982, Guru bahasa Inggris sejak 2009 dengan tugas tambahan Wakasek kurikulum di SMPN 4 Cipongkor. Ketua Dewan Pembina Yayasan Saung santri KBB sudah berakta notaris tahun 2020 yg bergerak di bidang sosialpreuner, dan keagamaan. Wakil ketua HKTI KBB bidang olahraga dan kepemudaan. Alumni program 300 Doktor Provinsi Jawa Barat. Pernah menjadi asisten peneliti Bank Dunia pada tahun 2011 tentang PIRLS (progress of,  international Reading Literacy School) Pengurus MGMP Bahasa Inggris Gugus 04 KBB dan Guru Penggerak angkatan 7.




×
               
         
close