Notification

×

Arsip Blog

SMPN 3 CILILIN: RAIH PENGHARGAAN TAHUN PERTAMA TMBB

Kamis, 08 Juni 2023 | 20.02 WIB Last Updated 2023-06-08T15:58:57Z

 


RUANG BERITA- SMPN 3 Cililin pada awal tahun pelajaran 2022-2023 mulai menggalakan kembali kegiatan literasi pasca pandemi. Bukan hal yang mudah dan begitu banyak tantangannya karena sekolah dengan SDM di dalamnya pun masih berbenah, beradaptasi kembali dari pembelajaran jarak jauh ke pembelajaran tatap muka 100%,  Apalagi siswa rupanya,  semangat bersekolahnya hampir luntur pasca 2 tahun belajar dibatasi jarak dengan guru-gurunya.

Dengan semangat berbenah, sekolah kembali merajut asa, membangun impian, bergenggaman tangan khususnya menggalakan kegiatan Literasi dan mengikuti salah satu kegiatan unggulan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat Yaitu Tantangan Membaca Bandung Barat (TMBB) untuk pertama kalinya, dengan diawali mengikuti sosialisasi TMBB V, lalu melaksanakan desiminasi, rekrutmen pembimbing dan rekrutmen peserta. Semuanya bisa terlewati dengan baik, berkat solidaritas yang dibangun oleh guru dan dukungan dari kepala sekolah.

Dari bulan ke bulan, satu persatu menyelesaikan tantangan, baik kepala sekolah, pembimbing dan peserta dari mulai membuat reviu,  membuat tulisan, melaporkan tulisan dan reviu dalam blog, membuat laporan bulanan, menyelenggarakan readhaton, mengelola perpustakaan menjadi Pojok Baca, membuat video reviu dan mengunduhnya di media sosial, membuat Pohon geulis, serta melaksakan Literasi Wisata. Hal yang tadinya asing, kini mulai melekat didiri sekolah seiring bertumbuhnya pembiasaan menuju manusia literat.

Sungguh bukan prestasi yang menjadi tujuan utama, namun upaya untuk menuai beragam manfaat dari kegiatan literasi khususnya TMBB ini yang ingin digali menjadi jati diri sekolah.

Alhamdulillah, seiring berjalannya kegiatan “TMBB V” ini, sudah tampak potensi dan tumbuhnya kebiasaan berliterasi dan beragam kemampuan lainnya, seperti tumbuhnya kebiasaan membaca. Termasuk meningkatnya pemahaman dalam membaca, meningkatnya kemampuan Seni menggambar dan mewarnai, meningkatnya kemampuan menguasai teknologi sederhana, seperti mengetik di komputer, membuat dan mengedit video serta penggunaan media WhatsApp dalam menyelesaikan berbgai tantangan Literasi, meningkatnya prestasi akademik peserta  dikelasnya masing-masing. dan lain sebagainya..

Perjalanan “TMBB” di sekolah ini tentunya tidak semulus jalan tol, apalagi ini adalah kali pertama buat kami. Di antara hal-hal yang menjadi hambatan dan tantangan, yaitu: naik turunnya semangat membaca dan menulis. Beberapa siswa terkadang sulit diajak untuk berkoordinasi, termasuk kualitas konten reviu dan  tulisan yang kurang baik. Banyak peserta “TMBB” yang kurang percaya diri, tenggat waktu laporan yang berbenturan dengan kesibukan pembimbing dengan tugas yang lain di sekolah, dan lain sebagainya.

Namun hal-hal tersebut dapat kami atasi, dengan saling mengingatkan, saling memotivasi, saling membantu dengan tujuan semua peserta harus berhasil menyelesaikan semua tantangan tanpa kecuali.
 
Alhamdulillah berkat semangat menyelesaikan sampai tuntas, tantangan demi tantangan dapat kami selesaikan dan lalui, Sehingga akhirnya semuanya berbuah manis dengan diterimanya Piagam Penghargaan untuk kepala sekolah, pembimbing dan peserta serta diserahkannya piagam penghargaan ”Sekolah Inspiratif” kepada kepala sekolah, kami Dra. N.Mimin Rukmini M.Pd. oleh Kepala Seksi Kelembagaan, Sarana dan Prasarana Sekolah, Bapak Acon Supriatna, S.Pd. mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, di Hotel Takhasimaya Lembang pada Selasa 6 Juni 2023, 

Selain itu, lewat Kepala Sekolah, juga kami menerima kabar gembira dengan bertambahnya penghargaan yang kami terima dengan disematkannya kepada anak didik kami, salah satu peserta TMBB, yaitu Yulia dengan predikat Juara Harapan 2 Penulis Konten Terbanyak dan Terkreatif TMBB V Tingkat KBB”, serta Nadiya Cahyani dengan Predikat Juara 3 Penulis Konten Terbanyak Dan Terkreatif TMBB V Tingkat KBB. 

Terucap syukur dari kami atas prestasi tersebut, walaupun bukan pemenang utama, namun prestasi-prestasi tersebut diawal keikutsertaan TMBB ini cukup jadi "Oase" sekolah untuk melecutkan motivasi dan meningkatkan kualitas agar lebih baik lagi dalam berbagai hal dalam kerangka mewujudkan visi misi sekolah yang bermuara pada terwujudnya tujuan pendidikan Nasional, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya.

Dengan mengikuti kegiatan “Tantangan Membaca Bandung Barat V” ini kami belajar menempa diri menyelesaikan berbagai tantangan, disiplin dan bekerjasama agar segala harapan bisa kita wujudkan bersama. 

Salam Literasi
Salam "Gebyar STC"
Gerakan Baca dan Karya "SMPN 3 Cililin.

Penulis: Hani Asnilawati (Guru PPKn dan Koordinator Guru Pembimbing TMBB V SMPN 3 Cililin)-Sumber Berita: Dra. N. Mimin Rukmini M.Pd. (Kepala Sekolah).




×
               
         
close