Notification

×

Arsip Blog

SMPN 3 SAGULING SABA MUSEUM

Kamis, 15 Juni 2023 | 11.55 WIB Last Updated 2023-06-15T05:03:31Z



RUANG BERITA-SMPN 3 Saguling menggelar Outing Class. Kegiatan yang diikuti oleh 153 siswa kelas 7 dan 8 serta 12 guru pembimbing tersebut, mengunjungi Museum Sri Baduga di Bandung, Rabu (14/6/23).


Kepala SMPN 3 Saguling, Shinta Ayu Kencana Jaffrie menyampaikan kegiatan di atas merupakan agenda pihaknya dalam rangka mengenalkan warga sekolah tentang pentingnya sejarah bangsa Indonesia, terutama Jawa Barat. Selain itu, pemahaman siswa tentang ilmu sosial diharapkan semakin meningkat .


Seperti diketahui, Museum Sri Baduga merupakan tenpat koleksi sejarah yang terletak di kota Bandung yang didirikan tahun 1974. Museum ini  diresmikan pada tanggal 5 Juni 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan waktu itu,  Daoud Joesoef .


"Museum ini memiliki peranan yang sangat penting bagi dunia pendidikan karena dapat meningkatakan kualitas pembelajaran, terutama di  ilmu Sosial.  Museum ini memiliki lebih dari 6000 koleksi peninggalan sejarah di Jawa Barat.  Ada beberapa koleksi seperti koleksi Arca pada zaman Megalitik, pakaian adat, rumah ,perkakas, permainan, dan alat musik tradisional,"  terang Shinta.



Lebih jauh disampaikan Shinta, Outing Class yang dilaksanakannya memberikan ruang bagi terselenggaranya pembelajaran lintas mata pelajaran. Menurutnya, hal tersebut memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengeksplorasi pemahaman yang mereka miliki disandingkan dengan pembelajaran kontekstual. Terutama tentang kebudayaan dan sejarah Jawa Barat.


"Mari kita tingkatkan daya apresiasi terhadap museum kebudayaan dan sejarah Jawa Barat," tandasnya.


Kontributor: Tim SMPN 3 Saguling-Penulis: Dra. Shinta Ayu Kencana Jaffrie, MPd (Kepala SMPN 3 Saguling).





×
               
         
close