Notification

×

Arsip Blog

PELEPASAN BALON MERIAHKAN MPLS SMPN 3 SAGULING

Jumat, 21 Juli 2023 | 09.43 WIB Last Updated 2023-07-21T06:49:25Z

RUANG BERITA-SMPN 3 Saguling, Senin 17 Juli 2023 menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2023-2024. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 17,18, dan 19 Juli diawali dengan rangkaian upacara bendera sekaligus pelepasan "Balon" oleh Kepala Sekolah, Shinta Ayu Kencana Jaffrie, menandai dibukanya kegiatan MPLS Tahun Ajaran 2023/2024 secara resmi.


"Kami mewakili pendidik dan tenaga pendidik SMPN 3 Saguling, mengucapkan selamat datang, dan selamat bergabung kepada siswa baru kelas 7. Semoga Kalian dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolah, dan dapat belajar dengan baik, mengembangkan minat dan bakat, serta mudah-mudahan bisa berprestasi di sekolah ini seperti kakak kelas Kalian bahkan mungkin bisa melebihi mereka," ungkap Shinta Ayu Kenca. 



Dalam sambutannya Kepala sekolah mewakili semua pendidik dan tenaga pendidik SMPN 3 Saguling, mengucapkan selamat datang, dan selamat bergabung kepada siswa baru kelas 7. 


"Semoga mereka dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolah, dan dapat belajar dengan baik, mengembangkan minat dan bakatnya, serta mudah-mudahan bisaberprestasi di sekolah ini seperti kakak kelasnya terdahulu bahkan mungkin bisa melebihi mereka," ujarnya


Sementara itu Ketua Panitia, Barkah Fattahilah mengemukakan bahwa kegiatan MPLS Tahun ini mengambil tema "Mewujudkan Karakter Peserta Didik Menuju Profil Pelajar Pancasila". 


Ditambahkannya, hal tersebut senada dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang akan mulai diberlakukan di tahun Ajaran baru ini pada kelas pemula, kelas 7. 


Di sisi lain, Pks Kurikulum, Sri Handayani mengungkapkan pandangannya bahwa seperti yang kita ketahui bahwa kurikulum merdeka erat kaitannya dengan upaya mendidik generasi bangsa yang memiliki profil pelajar Pancasila. 


Sebanyak kurang lebih 79 siswa baru SMPN 3 Saguling, mengikuti rangkaian kegiatan "MPLS" dengan baik. Tampak mereka antusias menyimak materi, aktif menjawab pertanyaan, aktif pula mengikuti berbagai "ice breaking" dan "game" yang dipandu oleh pemateri maupun panitia. Dengan demikian, kegiatan MPLS berlangsung seru dan menyenangkan. 


Adapun materi MPLS yang disajikan, di antaranya Pengenalan Lingkungan Sekolah, Wawasan Wiyata Mandala dan GLS , Profil Pelajar Pancasila, Pengenalan IKM, dan Cara Belajar Efektif. Selain itu,  sebagai upaya pembiasaan untuk membentuk generasi yang sehat, maka disampaikan pula materi dan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan gizi seimbang. 


Selanjutnya, disampaikan juga materi Bela Negara,  Kepemimpinan, Kepramukaan dan tata krama. Kemudian,  acara puncaknya adalah pengenalan ekstrakulikuler dan penanaman bibit tanaman produktif. 


Kepala Sekolah, pelepasan "Balon" yang disambut meriah sebagai tanda dibukanya kegiatan MPLS Tahun Ajaran 2023/2024 ini, menjadi titik awal bagi kita untuk memulai Tahun Ajaran Baru dengan semangat baru, bergerak bersama wujudkan merdeka belajar, menuju Profil Pelajar Pancasila, pungkasnya. *


 Kontributor: Risnawati, S.Pd (Guru Bahasa Indonesia SMPN 3 Saguling)-Sumber: Kepala SMPN 3 Saguling: Dra. Shinta Ayu Kencana Jaffrie,M.Pd., PKS. kurikulum: Sri Handayani, S.Pd, Ketua Panitia MPLS: Barkah Fattahilah S.Pd.




×
               
         
close