Notification

×

Arsip Blog

MAHASISWA TAIWAN KUNJUNGI SMPN 1 LEMBANG UNTUK LESSON STUDY

Minggu, 27 Agustus 2023 | 22.53 WIB Last Updated 2023-08-27T15:56:06Z

 


RUANG BERITA-SMPN 1 Lembang menerima kunjungan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) beserta tamu undangan dari Taiwan dalam rangka buka kelas lesson study.  Kegiatan yang melibatkan siswa kelas 9 dan guru sebagai model tersebut, dilaksanakan di Laboratorium IPA, Senin (14/8/23).
 
Kepala SMPN 1 Lembang, Ai Nurhayati, menyampaikan rasa bangga serta ucapan terima kasih kepada Universitas Pendidikan Indonesia karena telah menaruh kepercayaan kepada sekolahnya untuk dikunjungi pihak Taiwan dalam rangka buka kelas lesson study.
 
"Alhamdulillah terima kasih karena SMPN 1 Lembang dipercaya untuk menerima kunjungan dari Taiwan dan melaksanakan kegiatan lesson study ini," tuturnya.
 
Lebih lanjut disampaikan Kepala Sekolah, pihaknya berharap program di atas dapat dijadikan pembelajaran untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran, terlebih setelah diterapkannya Kurikulum Merdeka.
 

Sementara itu, Sukardi, Guru IPA yang berperan sebagai guru model mengutarakan program tersebut berawal dari ketertarikan pihak UPI tentang lesson study di SMPN 1 Lembang. Hal tersebut berlanjut dengan kunjungan UPI ke sekolahnya.



"Awalnya pihak UPI menghubungi saya mengenai perkembangan lesson study di SMPN 1 Lembang, setelah itu mengajukan ingin belajar lesson study dengan mengundang tamu. Saya kira tamunya mahasiswa dari UPI, ternyata dari mancanegara, yaitu Taiwan," jelasnya.Lebih jauh disampaikan Sukardi, dipilihnya SMPN 1 Lembang sebagai model sekolah pada kegiatan tersebut dikarenakan pengalamannya dalam penyelengaraan buka kelas lesson study.


"Tujuan dipilihnya SMPN 1 Lembang sebagai model sekolahnya, karena pengalaman Bangji (SMPN1 Lembang.red) yang sudah sering melaksanakan lesson study," ujarnya.Disampaikannya juga, tamu dari Taiwan merupakan para pendidik yang setara dengan Profesor dan Rektor.


"Saya kira tamu dari Taiwan itu mahasiswa, tapi ternyata para pendidik yang setara dengan profesor dan rektor kalau di sini," imbuhnya.


Dengan persiapan yang begitu singkat, peran model yang ditampilkan oleh Sukardi dan siswa kelas 9D mendapatkan apresiasi dari para tamu, terutama pendidik yang datang dari Taiwan. Mereka menyebutkan bahwa guru model dan siswa begitu baik melaksanakan pembelajaran tersebut. Terutama guru model yang tak terlihat lelah membimbing siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

"Alhamdulillah buka kelas lesson study ini berjalan dengan lancar bahkan para tamu dari Taiwan mengapresiasinya dengan mengatakan guru model menyusun strategi pembelajaran sangat baik juga tak menunjukan lelah sedikitpun meskipun persiapannya sangat singkat," tandasnya.

 
Kontributor: Tina Gustini, S.Pd.-Sumber Berita: Hj. Ai Nurhayati, S.Pd., M.Pd., Drs. Sukardi, M.Pd-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun




×
               
         
close