Notification

×

Arsip Blog

DINAS PENDIDIKAN BANDUNG BARAT SIAP LUNCURKAN MEDIA JURNALPENDIDIKAN

Jumat, 27 Oktober 2023 | 14.22 WIB Last Updated 2023-10-27T07:22:40Z



RUANG BERITA-Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat (Disdik KBB) dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan akan menerbitkan media jurnal pendidikan. Media tersebut kelak dapat dimanfaatkan para guru untuk mengembangkan kompetensi profesional, sehingga mutu pembelajaran akan semakin berkembang dan meningkat seiring dengan kebutuhan para peserta didiknya.

Hal di atas disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan, Rustiyana ketika diwawancarai Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat di Disdik KBB, Jumat (20/10/23).

“Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan, kami berencana menerbitkan media jurnal pendidikan yang dapat dimanfaatkan para guru untuk mengembangkan kompetensi profesionalnya. Media tersebut diharapkan menjadi jembatan meningkatnya mutu pembelajaran bagi para guru dan peserta didik,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Sekdis, dalam menyikapi perkembangan zaman, para guru dituntut mengembangkan kompetensi, terutama kompetensi profesional  yang di dalamnya terdapat penguasaan dalam teknologi dalam berkomunikasi, serta melakukan pengembangan diri.

“Selain mencakup penguasaan terhadap materi, konsep, struktur dan pola pikir keilmuan yang dapat mendukung pembelajaran yang dikuasai, kemudian penguasaan terhadap standar kompetensi dan kompetensi dasar setiap mata pelajaran atau bidang yang dikuasai, para guru juga harus melakukan pengembangan materi pembelajaran yang dikuasai dengan kreatif, melakukan pengembangan profesionalitas secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan yang reflektif. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan teknologi dalam berkomunikasi dan melakukan pengembangan diri,” imbuhnya.

Dengan adanya wadah pengembangan diri, berupa media jurnal pendidikan, masih menurut Sekdis, para guru diharapkan dapat menjadi pioneer yang membawa perbaikan pendidikan menjadi lebih maju sesuai dengan perkembangan zaman.

“Seperti diketahui, bahwa seorang garu harus mampu mengembangkan dirinya sendiri dan orang lain yang ada di sekitarnya. Selain bisa menangani diri sendiri, seorang guru juga diharapkan dapat menjadi pioneer yang aktif dalam mengajak insan pendidikan menjadi agen perubahan dengan karya tulisnya di jurnal pendidikan nanti,” ungkapnya.

Ditandaskan Sekdis, jurnal pendidikan yang nanti akan dirilis, selain menjadi wadah pengembangan diri, juga akan menjadi salah satu parameter capaian para guru dalam menerapkan sejumlah metode, strategi, dan teknik pembelajaran selama melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan template  jurnal pendidikan yang dapat digunakan para konributor, sehingga kualitas jurnal sesuai dengan standar jurnal pendidikan yang  berlaku.

“Kami telah menyiapkan template beserta aturan yang disesuaikan dengan standar kelayakan sebuah jurnal, sehingga kualitas jurnal yang terbit nanti terjaga dan qualified,” tandasnya.***




×
               
         
close