Notification

×

Arsip Blog

HUT SMPN 2 LEMBANG DIHADIRI PARA ALUMNI SUKSES

Minggu, 29 Oktober 2023 | 21.30 WIB Last Updated 2023-10-29T14:32:00Z



RUANG BERITA-SMPN 2 Lembang selama tiga hari berturut-turut telah merayakan HUT ke- 40. Perayaan dilaksanakan dari hari Minggu-Selasa (22-24/10/23). Kegiatan yang dilaksanakan  di lapangan upacara sekolah tersebut, dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari pejabat Dinas Pendidikan KBB, pejabat pemerintahan, alumni, dan seluruh siswa, staf guru, TU, serta masyarakat.

Kegiatan diawali pada 22 Oktober 2023 dengan acara temu alumni. Dalam sambutannya, Kepala SMPN 2 Lembang, Beben Kadar Solihat menyampaikan rasa syukur atas pencapaian usia selama 40 tahun. Menurutnya,  sebagai sekolah yang cukup lama berdiri, SMPN 2 Lembang telah menghasilkan banyak alumni yang sukses di berbagai bidang.

Kepala sekolah mengucapkan terima kasih atas kehadiran para alumni yang terus berupaya menjalin silaturahim. Diharapkannya, para alumni mampu berperan serta aktif dalam peningkatan mutu pendidikan dan peningkatan sarana prasarana bagi adik-adiknya.

“Saya sangat bersyukur kepada Allah Swt karena SMPN 2 Lembang telah mencapai usia 40 tahun. Terima kasih atas kehadiran para alumni yang selalu berperan aktif dalam kemajuan sekolah. Saya pun berharap semoga para alumni terus membersamai sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan serta peningkatan sarana dan prasarana sekolah,” ucapnya.

Disampaikannya juga, acara dihiasi dengan talkshow bersama salah satu penulis hebat Indonesia, yaitu Pidi Baiq. Salah satu buku best seller yang sangat banyak dibaca siswa SMP adalah novel berjudul Dillan.

Dalam uraiannya, Pidi Baiq menyampaikan ucapan selamat atas pencapaian usia 40 tahun untuk SMPN 2 Lembang. Pidi juga memberikan kiat-kiat menjadi penulis hebat.

“ Terima kasih telah memberi kesempatan kepada saya hadir di acara hebat ini. Semoga SMPN 2 Lembang terus berkembang dan menjadi sekolah yang lebih baik lagi. Untuk anak-anak saya tekankan jangan takut untuk menulis dan menghasilkan karya. Bila setelah selesai menulis banyak yang mengometari tulisan kita, janganlah menyerah. Kembalilah menulis dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama,” paparnya.

Sementara itu, kegiatan hari kedua, panitia menggelar acara pembukaan Showcase Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Bandung Barat, Asep Dendih.

Kepala Dinas menyampaikan rasa bangga dengan kegiatan Showcase P5 yang diselenggarakan peserta didik kelas 7. Menurutnya, kegiatan P5 mampu memberikan ruang bagi bakat dan minat semua peserta didik.

Selain itu, Kepala Dinas mengharapkan agar kegiatan Showcase P5 tidak hanya semarak dan hebat saat ini saja. Namun, kegiatan P5 berikutnya pun terus digali lebih baik lagi. Diharapkannya juga, peserta didik di SMPN 2 Lembang menjadi bagian Generasi Emas di tahun 2045 nantinya.

“Saya sangat bangga atas kegiatan bagus ini. Semoga acara ini bukan hanya semarak namun mampu memberikan hal positif bagi semua peserta kegiatan. Saya berharap kegiatan Show Case P5 ini mampu memberikan ruang untuk semua peserta didik dalam berkreasi dan berprestasi. Sehingga semua peserta didik SMPN  2 Lembang mampu menjadi bagian dari Generasi Emas di Tahun 2045 nanti,” pungkasnya.

Di sisi lain, talkshow digelar bersama salah satu alumni SMPN 2 Lembang yang telah suskses berkiprah di bidang pendidikan. Narasumber tersebut adalah Bunda Euisyang merupakan Kaprodi S2 PAUD di UPI Bandung.

Dalam uraian panjangnya, Bunda Euis terus memotivasi peserta didik untuk tidak pernah menyerah terhadap keadaan walau keadaan yang minus sekalipun. Menurutnya, berdoa dan selalu berharap menjadi sukses adalah kunci dari kesuksesan itu sendiri.

“Saya akan selalu mengatakan bahwa menjadi sukses tidak harus dari orang kaya. Sukses akan diraih saat kita terus berdoa dan terus belajar menjadi sukses. Raihlah kesempatan bila ada kesempatan baik di depan kalian. Namun seandainya kesempatan itu belum ada, maka carilah kesempatan itu,”  paparnya.

Di akhir acara, pada hari ketiga, sekolah menghadirkan salah satu alumni SMPN 2 Lembang. Dia merupakan alumni  guru yang telah berubah haluan menjadi seorang enterpreneur sukses, yakni Asep Haelusna atau yang lebih dikenal dengan Asep Strowbery.

Dalam talkshownya, Asep memaparkan kisah suskesnya menjadi seorang enterpreneur yang membawahi sekitar 1700 karyawan. Semuanya, diuraikan dengan bahasa sederhana agar peserta didik mampu menerima kisah hidupnya dengan baik. Diharapkannya, kisah hidupn tersebut mampu memotivasi pendengar agar menjadi sukses sepertinya.

“Saya bangga atas capaian gemilang SMPN 2 Lembang. Dulu saya sempat mengabdikan ilmu pendidikan saya di sini. Namun takdir dan kemauan mengubah jalan hidup saya menjadi seorang enterpreuner. Buat anak-anak, bapak berharap jangan pernah putus asa dengan kekurangan kita. Jadikan kekurangan kita sebagai jalan menuju keberhasilan di masa depan,” ungkapnya.

Kontributor: Pupu Pujiati S.Pd. Sumber Berita: Beben Kadar Solihat S.Pd. MM (Kepala SMPN 2 Lembang)-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.



×
               
         
close