Notification

×

Arsip Blog

PELAKU UMKM HARUS MANFAATKAN PELUANG DI ERA DIGITAL

Rabu, 24 April 2024 | 09.48 WIB Last Updated 2024-04-24T02:50:12Z

Cikalongwetan (Ruang Berita). Dadang A. Sapardan, Camat Cikalongwetan sampaikan bahwa dinamika kehidupan era digital harus disikapi dengan baik oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk oleh para pelaku ekonomi yang terkategori pelaku UMKM.


Bila dinamika ini tidak diikuti, dimungkinkan pelaku UMKM akan tergerus karena kalah bersaing dalam memasarkan produk yang mereka hasilkan.


Demikian disampaikan Dadang di hadapan peserta kegiatan Cikalongwetan Makalangan yang mengambil tema Workshop UMKM Go Digital Sesi 2 di Aula Kecamatan Cikalongwetan, Selasa (23/04/24).


"Sebagai pelaku UMKM, kita harus mampu memanfaatkan dan mengikuti dinamika yang terjadi saat era digital," ungkapnya.


Seluruh pelaku UMKM di Cikalongwetan diharapkan dapat menyikapi dinamika yang terjadi. Melalui penyelenggaraan kegiatan Cikalongwetan Makalangan, diharapkan akan terbuka wawasan dari para pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produknya dengan menggunakan perangkat digital.


Karena luasnya jangkauan perangkat digital, dimungkinkan segmen pasar para pelaku UMKM tidak terbatas di wilayah dengan skala kecil, tetapi akan menjangkau wilayah yang sangat luas.


"Luasnya jangkauan pemasaran dengan perangkat digital harus menjadi perhatian kita," paparnya.


Di lain pihak, Head of Smartfren Comunitty Kab. Bandung Barat, Wildan Awaludin mengungkapkan bahwa kegiatan Workshop UMKM Go Digital Sesi 2 dalam kemasan Cikalongwetan Makalangan ini merupakan kerja bareng Kecamatan Cikalongwetan dengan Smartfren Comunitty Kab. Bandung Barat yang mendapat suport dari Patriot Desa Kab. Bandung Barat dan TP-PKK Kec. Cikalongwetan.


Kegiatan kali ini merupakan sesi 2, setelah sebulan sebelumnya diselenggarakan sesi 1. Rangakaian kegiatan ini akan diselenggarakan hingga sesi 3, dengan harapan akan bermunculan para pelaku UMKM yang mampu melakukan pemasaran produknya melalui pemanfaatan perangkat digital.


"Melalui rangkaian kegiatan ini, diharapkan akan lahir para pelaku UMKM yang mampu melakukan pemasaran dengan memanfaatkan perangkat digital," katanya, saat ditanya perihal tujuan pelaksanaan kegiatan workshop tersebut.


Seluruh peserta yang jumlahnya lebih kurang 50 itu mendapat materi dari para narasumber yang kompeten di bidangnya. Mereka adalah Dr. Dani Akhyar, ST., MSi., Comdev Smartfren dan Andrea Satria, Chanel Development Manager. Kedua narasumber memaparkan tentang begitu pentingnya para pelaku UMKM untuk membuka wawasan dengan memperluas wawasan tentang pemasaran produknya.


"Alhamdulillah, kegiatan ini dapat diisi oleh para narasumber yang sangat kompeten di bidang pemasaran digital," pungkasnya.***




×
               
         
close